10 Cara Makan Bersama Tanpa Boros, Wajib dicoba!

MyDovi / 06 October 2023
10 Cara Makan Bersama Tanpa Boros, Wajib dicoba!

Suka makan bersama dengan teman-teman? Biasanya karena gengsi mereka memilih tempat makan yang mahal. Tapi hal itu berujung patah hati setelah melihat isi dompet sendiri atau saldo yang berkurang banyak.

Dengan tips berikut ini, sekarang kamu nggak perlu mengalami hal diatas lagi lho! Saatnya berubah dengan mempraktikkan cara mudah untuk makan bersama teman tanpa boros, begini nih cara nya:

 

1. Makan di Food Court, Bukan Restoran

Nggak cuma memiliki pilihan makanan yang lebih bervariasi, salah satu kelebihan makan bersama di food court dibandingkan dengan restoran juga terletak pada harga makanan yang biasanya lebih murah dibandingkan restoran. Harga yang lebih murah ini nggak berarti kualitas makanannya lebih jelek juga lho, malah nggak jarang makanan di food court bisa lebih enak daripada makanan yang ditawarkan di restoran.

Makan di food court nggak keren? Siapa bilang? Saat ini justru sedang muncul tren makan di food court di kalangan anak muda lho karena food court memiliki lebih banyak pilihan makanan di satu tempat sehingga kamu nggak perlu buang-buang waktu pindah-pindah restoran – cukup nongkrong di satu tempat dan coba banyak makanan. Food court sekarang juga semakin instagrammable lho dengan dekor dan desain yang unik dan bagus untuk ditampilkan di feed atau stories kamu.

 

2. Saling Mencoba Makanan Satu Sama Lainsaling mencoba makanan

Ini merupakan salah satu cara paling efisien dan ramah dompet untuk kamu yang pengen coba berbagai jenis makanan tapi nggak kuat menghabiskan satu porsi penuh.

Ajak teman-temanmu untuk pergi makan bersama dan pesan menu makanan yang berbeda-beda. Lalu, coba sedikit dari setiap menu makanan yang kalian pesan. Jangan lupa pastikan teman-teman kalian setuju untuk saling berbagi makanan dan minta izin dulu sebelum comot makanan mereka ya.

 

3. Lihat Review Sebelum Makan

Pernah makan di restoran yang biayanya lumayan mahal dan ternyata makanannya nggak enak atau nggak sesuai dengan selera kamu? Rasanya seperti sudah capek-capek PDKT dan ternyata di-PHP kan? #eh. Nah, supaya kamu terhindar dari sakit hati seperti itu, jangan lupa untuk cek ulasan restoran, cafe ataupun outlet di food court yang kamu tuju sebelum kamu berkunjung untuk makan bersama di sana.

Dengan cek review ini, kamu bisa tahu jenis makanan yang disajikan, rasanya, pengalaman makan di tempattersebut, apakah tempatnya instagrammable, harganya dan bagaimana pelayanannya.

Saat ini ada banyak situs review yang bisa kamu cek untuk tahu bagaimana rasa makanan ataupun pelayanan di tempat makan tujuanmu. Kamu juga bisa cek review dari blogger makanan atau foodie influencer favoritmu di media social sebelum pergi makan di suatu tempat.

Cara mudahnya adalah cari lokasi tempat makan tujuanmu atau akun mereka di media social seperti Instagram dan cek foto-foto atau video dengan tag tempat makan tersebut – biasanya pada caption atau bagian komentarnya ada pembahasan mengenai kualitas makanan atau pengalaman makan di lokasi itu.

 

4. Bawa Minuman Sendiri

Saat ini, ada beberapa restoran yang memperbolehkan kamu untuk bawa minuman sendiri atau minimal nggak meminta kamu membayar ekstra ketika membawa minuman dari luar. Manfaatkan kesempatan dari tempat makan itu dan bawalah minuman kamu sendiri, minimal satu botol air untuk menghemat pengeluaran kamu Karena nggak jarang harga minuman di restoran semahal harga makanan dengan porsi yang hanya segelas saja.

Kalau tempat makan tujuan kamu melarang untuk bawa makanan dan minuman dari luar atau malah meminta kamu untuk bayar ekstra, maka pesanlah minuman yang paling murah. Sedikit tips tambahan: membeli es teh tawar biasanya lebih murah daripada membeli air karena harganya sama tapi gelas es teh yang diberikan lebih besar.

 

5. Pilih Menu Paket Hemat

Untuk kamu yang lapar banget atau nggak bisa berbagi makanan bersama dengan teman-teman kamu dengan sistem saling coba, kamu bisa lebih hemat pengeluaran dengan memesan menu paket hemat yang biasanya termasuk satu main course dan satu minuman.

Nggak jarang paket hemat ini benar-benar hemat dan lengkap lho, seperti paket hemat di beberapa restoran Chinese atau Indonesia yang berupa nasi dengan lauk lengkap, minuman, dan makanan penutup. Jadi, kamu bisa hemat, kenyang tapi tetap gaul juga.

 

6. Jika Makanan Masih Tersisa, Bungkus Saja

Sudah kekenyangan tapi makanan yang kamu pesan dengan harga yang lumayan dan rasa yang enak masih belum habis? Kamu bisa meminta waiters di restoran untuk mengepak makananmu untuk dibungkus dan dibawa pulang supaya kamu bisa panaskan ketika kamu lapar.

Supaya benar-benar worth it, jangan lupa tanyakan juga sampai kapan makanan yang kamu bungkus itu masih layak dikonsumsi supaya kamu nggak keracunan makanan atau terpaksa membuang makanan karena tidak dipanaskan terlalu lama.

 

7. Makan Ringan Sebelum Pergi Makan

Hah? Makan dulu sebelum makan? Sudah kenyang dong saat pergi makan nanti? Tunggu dulu! Ini bukan berarti kamu harus makan sampai kenyang sebelum pergi makan, tapi cukup makan sedikit snack supaya perut kamu nggak terlalu kosong sebelum kamu makan di luar.

Nggak hanya membuat kamu bisa memilih makanan yang lebih murah dengan porsi lebih sedikit saat makan di luar, dengan makan sedikit snack lebih dulu, kamu bisa berpikir lebih jernih saat memesan makanan dan hanya memilih makanan yang ingin kamu coba atau kamu butuhkan saja.

Hal ini karena otak kita cenderung lebih nggak rasional dan kalap untuk berbelanja ketika lapar, termasuk ketika memesan makanan. Snack yang kamu makan juga nggak perlu banyak-banyak kok – cukup sedikit saja untuk mengganjal perut supaya nggak terlalu lapar.

 

8. Teliti Sebelum Bilang “Iya”

Pernah kaget saat membayar di restoran karena harga makanan yang harus kamu bayar lebih mahal dari yang kamu kira lalu bingung kenapa bisa semahal itu? Biasanya tanpa kamu sadari, kamu mengiyakan tawaran dari pelayan di restoran untuk ekstra pada makanan yang kamu sebenarnya nggak terlalu perlukan dan ternyata menyebabkan harga makanannya lebih mahal. Misalnya, menambah saus atau nasi atau side dish.

Biasanya, di menu tertulis biaya tambahan yang dikenakan untuk setiap tambahan ini di bagian bawah halaman atau belakang dan kamu harus teliti membacanya. Jadi, sebelum mengiyakan tawaran tambahan makanan atau minuman dari pelayan di restoran, baca dulu baik-baik menu restoran itu dan hitung dengan hati-hati biaya total yang kira-kira akan kamu keluarkan kalau bilang “iya.”

 

9. Manfaatkan Promo pada Jam Tertentu

Beberapa restoran, café atau food court saat ini memiliki jam-jam tertentu saat makanan dan minuman yang mereka sajikan dijual dengan harga lebih murah. Biasanya, waktu ini merupakan jam-jam tertentu pada hari biasa atau waktu menjelang jam tutupnya restoran.

Bentuk lainnya juga bisa berupa happy hour di mana restoran memberikan diskon atau promo khusus kalau kamu makan di restoran pada waktu tertentu. Cari tahu kapan waktu tersebut dan manfaatkan promonya dengan baik.

 

10. Gunakan Aplikasi Promo

Saat ini banyak aplikasi yang bisa kamu download di smartphone dan membantu kamu mendapatkan promo di berbagai restoran, café ataupun outlet makanan. Aplikasi ini biasanya mengharuskan kamu untuk pembelian menggunakan aplikasi tersebut saja untuk mendapatkan promonya, jadi nggak perlu bingung dengan banyak syarat dan ketentuan.

 

Salah satunya adalah aplikasi voucher MyDOVI. Dengan MyDOVI, kamu bisa membeli digital voucher yang ada di setiap merchant di dalamnya dengan berbagai diskon yang tersedia SETIAP HARI. Kamu hanya perlu membayar dengan digital voucher yang sudah kamu beli di dalam Wallet aplikasi tersebut dengan cara hanya cukup melakukan scan saja. Mudah, bukan?

Yuk download aplikasi MyDOVI di App Store dan Google Play Store agar belanjamu jadi makin happy!


1 thought on "10 Cara Makan Bersama Tanpa Boros, Wajib dicoba!"

8 Comment Found
user

KcowMXvVjl

21 April 2024 14:13

cxqniFJSsztp

user

KcowMXvVjl

21 April 2024 14:13

cxqniFJSsztp

user

KcowMXvVjl

21 April 2024 14:13

cxqniFJSsztp

user

cCRjAzDPUO

19 March 2024 08:07

wSQlnVCHuoMsvpL

user

cCRjAzDPUO

19 March 2024 08:07

wSQlnVCHuoMsvpL

user

cCRjAzDPUO

19 March 2024 08:07

wSQlnVCHuoMsvpL

user

vPpTyRBoDQxhF

15 February 2024 11:02

pYMuAeiEOL

user

vPpTyRBoDQxhF

15 February 2024 11:02

pYMuAeiEOL

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *