10 Ide Hampers untuk Hari Raya Galungan dan Kuningan

MyDovi / 31 July 2023
10 Ide Hampers untuk Hari Raya Galungan dan Kuningan

Umat Hindu di Bali sebentar lagi akan merayakan Hari Raya Galungan dan Kuningan. Adapun Galungan akan jatuh pada 2 Agustus 2023 dan Kuningan pada 12 Agustus 2023.

Hari raya sendiri selalu identik dengan hampers sebagai buah tangan untuk sanak saudara. Ada berbagai macam hampers yang menarik dengan berbagai jenis isian.

Nah, berikut 10 ide hampers untuk menyambut Galungan dan Kuningan:

 

1. Hampers Dupa

Dupa merupakan salah satu sarana persembahyangan bagi umat Hindu. Tentu saja, dupa akan sangat berguna saat Hari Raya Galungan maupun Kuningan.

Dupa akan terlihat jauh lebih cantik saat dihias sedemikian rupa dengan tambahan pita yang manis. Hampers dupa dapat berisi 1 dupa besar, 3 dupa sedang, dan beberapa dupa kecil, dengan berbagai pilihan aroma.

 

2. Hampers Dulang

Dulang merupakan salah satu sarana upacara yang digunakan untuk mebuat sesajen atau banten. Dulang mirip seperti nampan berbentuk lingkaran yang memiliki leher dan kaki sebagai tumpuan. Dulang umumnya terbuat dari kayu atau fiber.

Hampers dulang biasanya dihias juga menggunakan beberapa isian pelengkap, seperti dupa, kue kering, buah, dan lainnya.

 

3. Hampers Kue

Saat Galungan dan Kuningan tiba, sanak saudara akan berkumpul untuk melakukan persembahyangan. Hampers kue tentu bisa menjadi pilihan untuk menemani waktu berkumpul bersama keluarga.

Berbagai macam isian kue kering dapat digunakan sebagai isian hampers. Mulai dari kue nastar, lidah kucing, dan putri salju.

 

4. Hampers Buah

Buah adalah salah satu komponen penting untuk membuat banten atau sesajen. Sebelum Galungan dan Kuningan tiba, umat Hindu akan membeli berbagai jenis buah yang akan dipersembahkan nantinya.

 

Hampers buah dapat dibuat dengan isian berbagai jenis buah, mulai dari pisang, apel, jeruk anggur, dan sebagainya.

 

5. Hampers Pakaian Adat

Satu set baju adat Bali bisa dijadikan ide hampers Galungan dan Kuningan. Untuk perempuan, satu set baju adat dapat terdiri dari kebaya, kamen, dan selendang. Sedangkan untuk laki-laki, satu set baju adat terdiri dari baju, kamen, saput, dan udeng.

 

6. Hampers Alpaka

Alpaka adalah salah satu jenis perhiasan yang biasanya digunakan untuk mempercantik penampilan ketika menggunakan baju adat Bali. Satu set alpaka biasanya terdiri dari bros, subeng, dan cincin.

Hampers alpaka bisa dijadikan ide hampers Galungan dan Kuningan untuk melengkapi hampers baju adat.

 

7. Hampers Bolu

Selain kue kering, bolu juga bisa dijadikan hampers Galungan dan Kuningan. Terlebih, bolu juga digunakan sebagai salah satu pilihan isian banten atau sesajen.

 

Berbagai pilihan bolu, mulai dari bolu cokelat, keju, hingga pandan cocok dijadikan hampers. Selain itu, bolu jadul hingga bolu kekinian pun sama-sama sangat diminati untuk isian banten atau sesajen.

 

8. Hampers Bokor

Bokor adalah sebuah wadah yang terbuat dari bahan kuningan maupun perak yang diukir sedemikian rupa dan bisa digunakan sebagai sarana pembuatan benten maupun sebagai tempat bunga untuk persembahyangan. Sehingga, bokor juga cocok dijadikan ide hampers Galungan dan Kuningan.

 

9. Hampers Tas Anyaman

Selain menggunakan bokor, saat ini tas anyaman banyak digunakan sebagai tempat bunga dan dupa untuk persembahyangan. Tas anyaman biasanya dibuat dengan berbagai motif dan warna yang cantik.

 

10. Hampers Sokasi

Sokasi adalah salah satu wadah yang sangat lumrah digunakan oleh umat Hindu untuk membuat banten atau sesajen. Sokasi biasanya dibuat dari anyaman bambu atau rotan.

Sebagai hampers, sokasi dapat dibeli sebanyak satu set yang biasanya terdiri dari satu sokasi besar dan dua sokasi kecil.

 

Itu dia beberapa ide untuk hampers Galungan dan Kuningan 2023 dari MyDOVI. Kalau kamu ingin isi hampers makanan yang murah dan mudah, tinggal cek aja langsung di DOVI Foods Delivery hanya di aplikasi MyDOVI.

 

Jadi, langsung saja unduh aplikasi MyDOVI yang tersedia di App Store dan Google Play Store untuk mendapatkan promo spesial untuk kebutuhan hampers haru rayamu. Selamat menyambut Galungan dan Kuningan, Semeton!


1 thought on "10 Ide Hampers untuk Hari Raya Galungan dan Kuningan"

6 Comment Found
user

UViLoZXx

28 April 2024 07:11

QSUGTAdbPBonDj

user

UViLoZXx

28 April 2024 07:11

QSUGTAdbPBonDj

user

UViLoZXx

28 April 2024 07:11

QSUGTAdbPBonDj

user

dZHhxPOYof

21 April 2024 14:11

LxPcVyeBuZUFw

user

dZHhxPOYof

21 April 2024 14:11

LxPcVyeBuZUFw

user

dZHhxPOYof

21 April 2024 14:11

LxPcVyeBuZUFw

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *