5 Cara Tambah Kreativitas, Anti Buntu!

MyDovi / 19 December 2023
5 Cara Tambah Kreativitas, Anti Buntu!

Apa yang terlintas di benak kamu dari kata “kreativitas”? Menurut kamu, apakah pemilik usaha harus kreatif juga?

Faktanya dalam berbisnis, kita juga dituntut untuk berpikir kreatif, loh! Karena persaingan bisnis semakin luas, maka rintangan yang dihadapi juga beragam. Maka dari itu, level kreativitas bagi para pemilik bisnis terutama di bidang kuliner harus makin diasah.

Karena beragam ide dalam kulineraan terus berinovasi dan berkembang seiring berjalannya waktu. Lalu, bagaimana untuk mengasah kreativitas dari seseorang sehingga bisa menghadirkan ide-ide cemerlang bagi resto? Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan:

 

Selalu bertanya

Akrab dengan peribahasa “malu bertanya, sesat di jalan”? Nah..ada baiknya kamu memiliki pola pikir kritis dan tidak malu untuk bertanya agar semakin terpacu serta mendatangkan hal baru yang bisa di-explore selama mencari solusinya. Namun bertanya secukupnya ya agar kamu bisa mencari tahu dan belajar sendiri.

 

Cari banyak informasi

Selalu ada info baru ketika menemukan jawaban dari suatu masalah. Dan salah satu kunci untuk bisa kreatif adalah menguasai beragam informasi yang ada.

 

Temukan sudut pandang lain

Layaknya persegi yang memiliki 4 sudut, banyak pula hal yang memiliki sudut lebih dari satu. Jika mendengar pendapat lain yang berbeda dengan kamu, sebaiknya dengarkan dan pahami terlebih dahulu sudut pandang yang ia miliki. Karena pola pemikiran manusia unik, terkadang sudut pandang lain dapat mendatangkan ide-ide baru.

 

Mulai dari sekarang

Jangan menunda-nunda suatu ide/rencana yang sudah kamu buat. Makin jelas, cepat dan tepat dengan tujuan, maka akan semakin kreatif dalam mencapai tujuan.

 

Berani gagal

Setiap rencana pasti tidak melulu berjalan dengan mulus. Untuk itu, kamu harus mencoba ikhlas tanpa memaksa dan menerima keadaan jika tidak sesuai ekspektasi serta keinginan. Namun jangan patah semangat, ya! Inilah saatnya kamu harus bangkit, mencari dan sudut pandang lain.

 

Di zaman yang modern ini, para pemilik usaha memang dituntut untuk berpikir lebih kreatif agar bisa memiliki nilai “unik” dalam persaingan yang luas ini. Masalahnya, banyak orang yang berpikir bahwa dirinya tidak kreatif, padahal itu hanya persepsi dan penilaian dari sisi pribadi saja.

Percaya atau tidak, semua orang memiliki kreativitas yang baik, namun terkadang kurang terlihat karena kurang diasah dan kurang digali lagi, tergantung dari kemauan diri sendiri. Sama halnya dengan keahlian, yuk sering belajar untuk melatihnya agar semakin bersinar dan bermanfaat bagi resto!


1 thought on "5 Cara Tambah Kreativitas, Anti Buntu!"

3 Comment Found
user

yvEsfYruTKeFOd

28 April 2024 07:10

GUCgXoTr

user

yvEsfYruTKeFOd

28 April 2024 07:10

GUCgXoTr

user

yvEsfYruTKeFOd

28 April 2024 07:10

GUCgXoTr

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *