6 Makanan Khas Makassar Yang Dijamin Bikin Nagih

MyDovi / 21 November 2023
6 Makanan Khas Makassar Yang Dijamin Bikin Nagih

Makassar adalah ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan yang terkenal dengan kuliner khasnya. Ada banyak sekali makanan khas Makassar populer yang wajib dicoba oleh para wisatawan ketika datang ke daerah ini.

Sebab, kota yang juga unggul akan wisata pantai dan dataran tingginya ini memiliki beragam jenis kuliner menarik yang sayang dilewatkan. Apa aja sih kuliner khas makassar yang wajib kamu cobain?

 

1. Coto Makassar

Coto Makassar atau coto Mangkasara adalah sup yang isiannya terdiri dari daging, aneka jeroan sapi, dan bumbu rempah yang dimasak cukup lama.

Uniknya, pembuatan kuah coto menggunakan air cucian beras. Cita rasa kuah coto Makassar ini gurih dan berempah. Biasanya coto disantap dengan ketupat, lontong, atau bisa juga nasi.

 

2. Sup konro

Sup konro adalah hidangan sup iga sapi khas Makassar yang disajikan dengan kuah keruh berbahan keluak serta aneka rempah-rempah segar.

Selain dihidangkan dalam bentuk sup atau berkuah, ada juga menu konro bakar yang rasanya tidak kalah enak untuk memanjakan lidah Anda.

 

3. Mi titi

Mi titi adalah sajian mi kuning kering khas Makassar yang disiram dengan kuah kental campuran tepung kanji.

Untuk menambah cita rasa gurih dari mi dan kuah kental, mi titi disajikan bersama irisan daging ayam, sapi, dan aneka seafood serta sayuran sebagai pelengkapnya.

 

4. Jalangkote

Jalangkote merupakan makanan ringan yang memiliki bentuk mirip dengan pastel. Kulit dari jalangkote cukup tipis sehingga rasanya krispi di luar.

Isian jalangkote berupa campuran dari irisan wortel, kentang, taoge, telur, bihun, atau mi, sedangkan cara makannya dicocol ke sambal cuka dengan potongan cabe dan bawang.

 

5. Pallubasa

Pallubasa adalah makanan khas yang bentuknya agak mirip coto Makassar karena sama-sama memiliki warna kuah keruh dan menggunakan jeroan sebagai isiannya.

Perbedaannya ada pada isian tambahan yaitu menggunakan telur ayam kampung mentah, dan dicampur begitu saja ke dalam kuah pallubasa yang masih panas.

 

6. Es pisang ijo

Es pisang ijo merupakan kudapan manis segar yang pas disajikan sebagai hidangan penutup. Bahan dasarnya berupa pisang yang dibalut adonan pandan berwarna hijau.

Adonan pisang hijau ini disajikan dengan cara dipotong-potong ke dalam mangkuk, lalu ditambah bubur sumsum, sirup merah, kental manis, santan, dan es serut.

Gimana udah cukup buat bikin kalian ngiler belum? Kalau udah, yuk langsung aja ke Mie Goreng Makassar Pelita buat nikmatin makanan khas Makassar dan tambahan diskon langsung dari MyDOVI yang bisa kamu download langsung di App Store dan Google Play Store! Yuk, kita kuy!


1 thought on "6 Makanan Khas Makassar Yang Dijamin Bikin Nagih"

4 Comment Found
user

mbpPuREsv

15 April 2024 01:24

QZRrnFboP

user

mbpPuREsv

15 April 2024 01:24

QZRrnFboP

user

mbpPuREsv

15 April 2024 01:24

QZRrnFboP

user

EhMnyLfaCGPplK

01 April 2024 12:46

EkjaDrLy

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *