7 Kesalahan Event Yang Bisa Saja Terjadi & Solusi untuk Mengatasinya

Admin / 07 February 2024
7 Kesalahan Event Yang Bisa Saja Terjadi & Solusi untuk Mengatasinya

Dalam menyelenggarakan sebuah event, kamu mungkin akan dihadapkan pada berbagai kendala yang tak terduga, yang jika tidak ditangani dengan bijak, dapat merusak keseluruhan rangkaian event.

Yuk, cek apa saja yang perlu kamu siapkan agar tidak ada kesalahan yang terjadi dalam rangkaian event-mu. Ini dia 7 kesalahan yang mungkin terjadi beserta solusinya:

 

1. Pengisi Acara yang Mundur

Ketika pengisi acara utama tidak dapat hadir, keadaan ini bisa bikin kamu dan tim pusing kepala. Cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah kamu harus punya rencana cadangan.

Pastikan perjanjian dengan peserta mencantumkan bahwa pemberitahuan pembatalan harus diberikan 24 jam sebelumnya. Dengan begitu, kamu bisa punya waktu untuk menjalankan rencana cadangan.

Hubungi agensi hiburan untuk memastikan kamu tahu orang yang relevan yang juga tersedia jika diperlukan.

 

2. Kesalahan Teknologi

Masalah teknologi dalam manajemen acara bisa terjadi pada siapa saja. Pastikan untuk mengurangi peluang kegagalan dengan menyewa profesional AV (Audio Visual) untuk memastikan semua peralatan siap sebelum hari besar.

Uji semua terlebih dahulu dan pastikan baik kamu maupun pengisi acara sudah sangat familiar dengan perangkat lunak yang digunakan. Unduh presentasi atau materi pra-rekam untuk menghindari ketergantungan pada kecepatan internet.

 

3. Cuaca Tak Terduga

Meskipun berharap cuaca cerah, selalu siapkan rencana cadangan jika sebaliknya terjadi. Pastikan ada opsi indoor yang siap sedia, seperti ruang konferensi di dekatnya atau tenda untuk acara di luar ruangan.

Jika anggaran terbatas, pertimbangkan penggunaan peralatan dan dekorasi tahan cuaca atau sediakan jas hujan dan payung sekali pakai untuk peserta.

 

Baca juga: Jenis-Jenis Tiket Event, Mana Yang Cocok Buat Event-mu?

 

4. Antrian Panjang

Tenang! Kamu bisa menghindari antrian panjang dengan memantau penjualan tiket untuk membantu mencegah kerumunan di pintu masuk. Selain di pintu masuk, antrean juga bisa terjadi di dalam venue, lho!

Pastikan ada cukup toilet dan penjual makanan yang sesuai dengan jumlah peserta yang diharapkan.

 

5. Venue Terlalu Kecil

Sebelum memesan venue, pastikan untuk mengunjungi tempatnya secara langsung. Hal ini bisa memberikan gambaran realistis untukmu tentang ruang dan kapasitasnya.

Jangan lupa untuk cek kapasitas maksimal venue sebelum menjual tiket ke publik.

 

6. Darurat Medis

Pastikan setidaknya ada satu staf yang terlatih dalam pertolongan pertama dengan kit pertolongan pertama yang lengkap. Jika acara kamu sangat besar, pertimbangkan untuk memiliki tim medis di lokasi.

Pastikan juga tidak ada pintu keluar yang terblokir sehingga ambulans bisa langsung mengakses venue dalam keadaan darurat.

 

7. Parkiran Kurang atau Tempat Parkir Jauh

Informasikan tentang opsi parkir sebelum acara sehingga peserta event dapat merencanakan kedatangan lebih awal, mendapatkan tumpangan, atau menggunakan transportasi umum.

 

Persiapkan event-mu dengan sangat matang, ya! Manajemen event sangat diperlukan jauh sebelum acara dimulai. Pembatalan acara bisa menjadi bukti paling meyakinkan bahwa tidak peduli seberapa baik perencanaan tersebut, beberapa keadaan selalu di luar kendali kita.

Yuk, buat event jadi mudah dan lancar dengan DOVI Event! Sistem tiket yang seamless akan bantu kelola transaksi dengan efisien. Jadi, pilih DOVI Event untuk pengalaman ticketing yang aman dan praktis!

 

1 thought on "7 Kesalahan Event Yang Bisa Saja Terjadi & Solusi untuk Mengatasinya"

8 Comment Found
user

GpxKNdCwPohqSZt

28 April 2024 07:10

CjYJzKfZ

user

GpxKNdCwPohqSZt

28 April 2024 07:10

CjYJzKfZ

user

GpxKNdCwPohqSZt

28 April 2024 07:10

CjYJzKfZ

user

PXiTWJyKZzIaOEf

15 February 2024 10:57

dBnbFSoAWpsMeqD

user

PXiTWJyKZzIaOEf

15 February 2024 10:57

dBnbFSoAWpsMeqD

user

sptguDHxIfEcj

07 February 2024 21:24

efNPGTpka

user

sptguDHxIfEcj

07 February 2024 21:24

efNPGTpka

user

sptguDHxIfEcj

07 February 2024 21:24

efNPGTpka

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *