7 Strategi Diskon yang Paling Menarik!

MyDovi / 08 December 2022
7 Strategi Diskon yang Paling Menarik!

Diskon adalah salah satu strategi pemasaran dari suatu perusahaan untuk meningkatkan penjualan. Dibalik harga yang seringkali sangat berbeda dengan harga normal sehingga banyak orang tertarik, perusahaan memiliki strategi diskon tersendiri seperti harganya yang sudah di markup, tetapi tetap saja kebanyakan orang masih tertarik dengan label diskon.

Seperti yang kita ketahui bahwa diskon merupakan salah satu hal yang paling disukai, terutama bagi mereka yang hobi berbelanja. Beragam promo diskon yang diberikan oleh pihak mall, supermarket, restoran, dan toko modern yang membuatnya selalu ramai dikunjungi oleh konsumen yang ingin mendapatkan harga yang lebih murah.

Diskon atau potongan harga merupakan salah satu strategi pemasaran produk dalam bisnis yang terbukti masih efektif hingga saat ini. Banyak pelaku bisnis mulai dari level kecil hingga besar yang menggunakan strategi ini. Walaupun konsumen sebenarnya tidak terlalu membutuhkan barang tersebut, tetapi kenyataannya karena ada label diskon membuat konsumen tersebut menjadi lupa diri. Memang, dengan strategi pemberian diskon bisa membuat konsumen bertindak lebih konsumtif.

Meski demikian, penerapan diskon perlu melakukan strategi yang benar dan tepat agar omzet penjualan bisa meningkat sehingga keuntungan yang didapatkan bisa bertambah banyak.

Lalu bagaimana melakukan strategi diskon yang baik sehingga menarik banyak pelanggan?


Diskon spesial libur nasional

Pergunakan antusiasme yang biasa ada di sekitar hari libur nasional seperti Hari Natal, Hari Raya Idul Fitri, Tahun Baru Imlek, dan Lebaran untuk menarik lebih banyak pelanggan. Selain memang cocok dengan semangat perayaan yang biasa ada pada hari libur nasional, akan ada lebih banyak orang yang berbelanja juga pada saat-saat ini.


Promo Gratis

Strategi diskon yang satu ini bisa Kamu berikan dalam bentuk ongkos kirim gratis atau bahkan produk gratis. Kamu bisa menawarkan promo buy one get one atau promo dimana pelanggan bisa mendapatkan suatu produk dengan gratis jika mereka membeli produk tertentu atau melakukan pembelian dengan minimum pembayaran tertentu.


Diskon Cashback

Cashback adalah memberikan potongan harga dengan bentuk uang kembalian, bukan lagi potongan harga seperti pada diskon. Dengan melakukan pemberian cashback kepada setiap pembeli yang datang ini juga tidak kalah menarik dengan diskon, apalagi cashback langsung diberikan adalah uang tunai.


Diskon terbatas

Batasan-batasan yang Kamu berikan, baik itu untuk waktu atau jumlah pelanggan, akan memberikan kesan urgensi pada pelanggan. Sebagai contoh, Kamu bisa memberikan diskon yang terbatas pada jam makan siang atau 100 pembeli pertama.


Diskon Kartu Kredit

Strategi dengan memberikan diskon bagi pengguna kartu kredit ini sudah banyak digunakan saat ini, karena masyarakat saat ini sudah banyak yang menggunakan kartu kredit. Memang bagi pengguna kartu kredit akan dimanjakan oleh promo-promo menarik setiap waktu. Apalagi biasanya banyak di temui di mall, restoran dan toko online.


Diskon media sosial

Mekanisme diskon yang satu ini sederhana. Pelanggan mengunggah sesuatu mengenai restoranmu ke media sosial mereka beserta caption yang menarik dan sebagai imbalannya, Kamu memberikannya diskon. Jika Kamu menjalankan strategi diskon ini, pastikan pelanggan tidak lupa tag atau mention restoranmu dalam unggahannya.


Voucher atau kupon

Coba berikan pelanggan yang melakukan pembelian lebih dari nominal tertentu kupon atau voucher. Voucher bisa berupa potongan harga atau mungkin pemberian produk gratis. Dengan membuat ketentuan bahwa voucher dan kupon hanya dapat digunakan untuk pembelian selanjutnya, Kamu dapat mendorong pelanggan untuk memesan kembali dari Restoranmu.

Jadi, strategi diskon mana yang akan Kamu terapkan pada bisnismu? Salah satu strategi yang disebutkan di atas yaitu strategi voucher bisa kamu lakukan secara digital loh. Jadi Kamu tidak perlu mencetak berlembar-lembar voucher fisik untuk melakukan promo diskon voucher. Caranya yaitu dengan bergabung dengan MyDOVI! Daftarkan usahamu sebagai DOVI Merchant sekarang untuk menikmati banyak keuntungan dari membuat voucher digital MyDOVI.

1 thought on "7 Strategi Diskon yang Paling Menarik!"

3 Comment Found
user

yBwMIfQcGoPdHAgV

14 March 2024 16:13

qKnfrOtlcxW

user

yBwMIfQcGoPdHAgV

14 March 2024 16:13

qKnfrOtlcxW

user

yBwMIfQcGoPdHAgV

14 March 2024 16:13

qKnfrOtlcxW

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *