Belanja Anti Boros! Gimana Caranya?

MyDovi / 31 October 2023
Belanja Anti Boros! Gimana Caranya?

Buat Kamu si shopaholic, belanja tentu jadi salah satu kegiatan yang menyenangkan. Belanja bisa bebaskan diri dari stres, cuci mata, sekaligus sarana pelepas penat.

Tapi, tak sedikit shopaholic yang ingin tetap berbelanja tanpa mengeluarkan uang berlebih dari dana yang mereka miliki alias belanja anti boros.

Apalagi sekarang aktivitas belanja dipermudah dengan adanya layanan online shopping. Kamu jadi bisa belanja di mana saja dan kapan saja. Kemudahan online shopping ini bisa bikin shopaholic cenderung melakukan pembelian impulsif alias boros, nggak perlu mikir dua kali untuk beli barang yang diinginkan.

Tapi Kamu masih bisa kok puas berbelanja tanpa takut boros. Gimana caranya?

 

Menambah Income

Kamu harus mengetahui berapa anggaran belanjamu, lalu bandingkan dengan pendapatan yang Kamu terima setiap bulannya.  Jika dirasa income / pendapatan yang Kamu punya sekarang masih seringkali belum cukup sesuai dengan kebutuhan belanjamu, lebih baik terlebih dahulu mencari tambahan penghasilanmu.

Karena semakin besar pendapatan yang Kamu punya, maka Kamu juga akan memiliki anggaran untuk berbelanja. Namun ingat, tetap dahulukan kebutuhanmu dalam menyusun anggaran keuanganmu ya!

 

List Barang Apa Saja yang Ingin Dibeli

Buat daftar barang apa saja yang ingin dibelanjakan, lalu kembali lagi sesuaikan dengan prioritas kebutuhan dan anggaran belanjamu. Karena dengan Kamu menyusun shopping list menghindarkan Kamu dari belanja berlebihan yang tidak diperlukan.

Dan kembali pentingnya menyusun anggaran juga dapat menjadi batasan berupa budget untuk belanja. Sehingga total belanjamu seharusnya tidak melebihi budget yang sudah Kamu tentukan.

 

Pintar Menahan Diri

Sebelum Kamu berbelanja, lebih baik berpikir lagi apakah kira-kira kamu butuh untuk belanja barang tersebut? Apakah memang urgent?

Semisal Kamu melihat-lihat barang di mall ataupun di e-commerce dan Kamu tertarik dengan barang tersebut, lebih baik jangan langsung dibeli. Tinggalkan dahulu barang tersebut, pikirkan dahulu baik-baik, dan jika Kamu tidak memerlukan barang tersebut, lebih baik ditunda dulu belanjamu.

Dengan pemikiran tersebut, Kamu jadi tidak boros dalam membelanjakan hal yang sebenarnya kurang penting untukmu.

 

Manfaatkan Diskon / Voucher

Jika harga barang yang Kamu incar masih dalam harga normal, lebih baik menahan diri dulu sampai tiba promo / diskon untuk barang tersebut.

Kamu juga bisa memanfaatkan bentuk promo lainnya seperti voucher untuk belanja sekaligus mengatur anggaran belanjamu, kok bisa? Karena Kamu hanya akan berbelanja sesuai dengan nominal voucher yang kamu beli.

Promo voucher tersebut bisa Kamu dapatkan di berbagai platform online. Salah satunya bisa Kamu dapatkan di aplikasi MyDOVI. Kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan seperti potongan harga / diskon serta banyak fitur lainnya di MyDOVI.

Jadi tunggu apa lagi, download aplikasi MyDOVI sekarang yang tersedia di App Store dan Google Play Store dan nikmati belanja anti boros!

 

1 thought on "Belanja Anti Boros! Gimana Caranya?"

0 Comment Found

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *