Cara Ampuh Untuk Meredam Rasa Pedas Saat Makan

MyDovi / 22 January 2024
Cara Ampuh Untuk Meredam Rasa Pedas Saat Makan

Makanan pedas memang memiliki sensasi rasa yang berbeda dibandingkan dengan makanan biasa lainnya. Mungkin bagi pecinta makanan pedas justru makanan – makanan pedas itu yang bikin ketagihan dan meningkatkan nafsu makan. Bahkan akan terasa ada yang kurang jika makanan yang disantap tersebut kurang pedas. Namun, gimana buat yang gak suka pedas tapi terpaksa atau gak sengaja menyantap makanan pedas? Tentu reaksinya akan berbeda dengan mereka yang menyukai makanan pedas.

Mungkin kamu salah satu yang tidak tahan dengan makanan pedas atau pernah merasakan mulut terbakar akibat menyantap makanan pedas? Perlu diketahui bahwa rasa pedas tersebut disebabkan oleh senyawa bernama capsaicinoid yang terkandung di dalam sebuah cabe, menimbulkan rasa panas yang membara. Makanya, semua makanan pedas pada umumnya menggunakan cabe sebagai bumbu utamanya. Mulai dari cabe merah, cabe rawit, cabe hijau dan jenis cabe lainnya.

Beberapa orang biasanya mengatasi rasa pedas dengan cara minum air putih. Tapi, ternyata dengan minum air belum cukup untuk menghilangkan rasa pedas di dalam mulut. Karena di dalam makanan pedas terkandung banyak minyak, jika diatasi dengan minum air saja kemungkinannya kecil, karena air dan minyak tidak bisa menyatu.

 

Buat kamu yang sering menjadi korban makanan pedas ini, sekarang tidak perlu lagi menghindarinya karena Toped akan bagikan beberapa cara untuk menghilangkan rasa panas dan terbakar akibat kepedasan. Apa aja sih? Yuk kita intip satu per satu.

 

Air gula

Karena air putih saja tidak cukup mampu untuk membasmi rasa pedas ini, kamu bisa menambahkan gula ke dalam air putihmu. Campuran air gula ini bisa menghilangkan rasa pedas dan meredakan rasa panas di dalam mulut. Kamu juga bisa meredakan pedas hanya dengan menggunakan gula saja.

Caranya adalah dengan menghamburkan gula pada lidah, lalu diamkan selama 30 detik. Gula tersebut akan menyerap rasa pedas di dalam mulut kamu.

 

Susu

Susu memang dikenal mampu mengalahkan rasa pedas. Kandungan lemak di dalam susu dapat menetralisir rasa pedas di dalam mulut. Untuk itu, jika kamu sedang kepedasan, minum lah segelas susu untuk menghilangkannya. Selain minum susu, produk yang memiliki kandungan susu seperti, yoghurt atau keju juga bisa menjadi penolong kamu dari rasa pedas dalam mulut.

 

Nasi atau roti

Saat kepedasan, makan lah beberapa sendok nasi atau roti karena, kedua makanan ini mengandung glukosa, sama seperti kandungan dalam gula yang diketahui dapat melawan senyawa capsaicinoid penyebab rasa pedas ini. Cara yang sangat mudah bukan?

 

Minuman asam

Minuman lemon tea akan menyegarkan sekaligus melepaskan dahaga kamu.

Minuman yang mengandung rasa asam, selain menyegarkan juga bisa kamu jadikan pilihan untuk menetralisir rasa pedas. Karena rasa asam akan membantu menarik rasa pedas yang menempel di lidah kita. Pilih lah minuman yang mengandung lemon atau jeruk untuk membantu menghilangkan rasa pedas di dalam mulut.

 

Minyak sayur

Minyak memang kedengarannya aneh tapi, bukan untuk diminum, melainkan dijadikan sebagai ‘pencuci’ mulut setelah kamu menyantap makanan pedas. Kamu bisa menggunakan minyak sayur atau minyak zaitun. Akan lebih baik jika minyak tersebut disimpan dahulu di dalam lemari es.

 

Kacang

Makan kacang juga bisa membasmi rasa pedas ini karena kandungan lemaknya dapat mengangkat rasa pedas dalam mulut. Selain kacang, kamu juga bisa menggantinya dengan selai kacang. Karena kedua makanan ini mengandung bahan utama yang sama.

 

Jus buah

Toppers pernah merasa pusing di kepala setelah menyantap makanan pedas? Itu artinya kamu sedang mengalami dehidrasi akibat kepedasan. Untuk itu atasi dengan minum jus buah, selain menyegarkan dan meredakan rasa pedas di mulut, jus buah dipercaya mampu menghilangkan rasa pusing di kepala karena makanan pedas ini.

 

Makanan dan minuman di atas bisa kamu sediakan dahulu sebelum menyantap makanan pedas untuk persiapan kalau kamu kepedasan. Dengan beberapa makanan dan minuman di atas, kamu sudah tidak perlu takut lagi untuk menyantap makanan pedas di Crazy Hot Indonesia.

Jangan lupa, selain makanan dan minuman di atas, yang harus kamu siapkan sebelum makan di Crazy Hot Indonesia adalah digital voucher nya yang bisa kamu beli di MyDOVI biar kulineranmu jadi makin murah! Download apps MyDOVI sekarang di App Store dan Google Play Store.


1 thought on "Cara Ampuh Untuk Meredam Rasa Pedas Saat Makan"

0 Comment Found

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *