Cara Menghemat Gaji Bulananmu, Mulai dari yang Kecil!

MyDovi / 25 August 2023
Cara Menghemat Gaji Bulananmu, Mulai dari yang Kecil!

Gajian! Siapa sih yang tidak senang dengan moment yang satu ini? Semua pasti senang dan menunggu-nunggu momen gajian kan? Tapi di satu sisi kita sering bingung kenapa uang gaji terasa cepat sekali habisnya. Setiap habis gajian seringkali kita juga suka terlalu royal dan boros sehingga lupa kalau sebenarnya masih banyak sekali kebutuhan yang harus dipenuhi untuk bisa bertahan sebulan ke depan.

 

Cara Menghemat Duit Gaji

Nah ini dia tips cara menghemat duit gaji, kita mulai dari hal-hal yang kecil dan mudah dilakukan dulu ya, siapapun dijamin bisa melakukan ini semua asalkan punya kemauan.

 

1. Bawa Air Minum dari Rumah

Pastinya banyak diantara kamu yang suka ngantor atau beraktivitas diluar tapi malas membawa air minum sendiri dan lebih memilih untuk membeli air minum dari luar bukan? Nah sebenarnya hal yang sangat simpel ini bisa cukup untuk mengurangi gaji kamu lho.

Jika dihitung harga air mineral misalnya Rp5000 sekali minum, kamu bisa membeli minuman 2-4 kali sehari, belum lagi kalau kamu membeli minuman yang lebih mahal lagi, bisa dihitung jumlah pengeluaran kamu yang ‘sia-sia’ untuk membeli minuman, padahal kamu bisa mendapatkan air minum itu secara gratis.

Maka dari itu sebaiknya kamu membawa air minum dari rumah, selain bisa mengurangi pengeluaran, kualitas air yang kamu bawa dan kamu minum bisa lebih terjamin tentunya. Jika kamu bekerja di kantor, kamu juga bisa memanfaatkan dispenser air galon yang biasanya tersedia di pantry kantor untuk mengisi ulang tempat air minum kamu.

 

2. Bawa Bekal Makanan Sendiri

Jika kamu saat di kantor biasanya makan diluar kantor, mungkin ini saatnya untuk kamu membawa bekal makanan sendiri dari rumah. Karena selain lebih hemat, dengan membawa bekal sendiri tentunya makanan kamu akan jadi lebih terjamin kesehatanya. Jadi mulai sekarang jangan malas untuk bawa bekal sendiri ya.

 

3. Bawa Kopi dari Rumah

Ngopi adalah salah satu aktivitas yang pasti kamu semua suka, tetapi kalau kamu keseringan ngopi di luar apalagi di tempat yang mahal tanpa terasa akan membuat gaji kamu terkuras sedikit demi sedikit.

Lupakan tempat nongkrong favorit kamu, jika kamu adalah tipe yang setiap hari minum kopi, kurangi membeli kopi di cafe atau tempat ngopi favorit. Cobalah buat kopi di rumah dan bawa ke kantor, atau kamu bisa juga membuat kopi di pantry kantor jika memang tersedia. Jika sesekali masih mau duduk-duduk cantik di tempat ngopi atau cafe favorit? Masih boleh kok, asal jangan terlalu sering

 

4. Kurangi Nongkrong

Kalau weekend sudah tiba pasti kamu sering diajak nongkrong sama teman saudara atau siapapun kan? Tidak masalah kalau kamu mau nongkrong, sesekali nongkronglah di rumah kamu, teman, atau saudara tersebut. Atau bisa juga nongkrong di taman kota agar tidak tergoda untuk membeli makanan atau minuman mahal. Patungan untuk membeli makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi bersama-sama. Nongkrong bisa jadi lebih hemat dan pastinya tetap seru dong.

 

5. Makan Malam di Rumah

Cara menghemat duit gaji berikutnya yang cukup mudah adalah berhubungan dengan salah satu kebiasaan yang sering orang – orang hadapi setiap hari. Sepulang dari kantor atau beraktivitas kamu terbiasa untuk makan diluar, tetapi sesampainya di rumah karena masih terasa lapar kita masih akan ngemil lagi. Hal ini tidak cuma memengaruhi kondisi keuangan kamu, tetapi juga bisa berakibat kurang baik untuk kesehatan tubuh.

Mulai saat ini kamu coba biasakan diri untuk makan malam dirumah, karena selain lebih sehat kamu juga bisa nambah sepuasnya jika masih lapar, dengan demikian keinginan untuk ngemil lagi setelah makan akan jauh berkurang, selain itu kamu jadi bisa lebih menghemat juga bukan?

 

6. Belanja dengan Periode Bulanan & Buat List belanja dengan periode bulanan

Untuk menghemat waktu dan uang karena hanya berbelanja sekali, kamu disarankan untuk berbelanja dengan periode bulanan. Jangan lupa catat apa saja kebutuhan barang yang akan kamu beli sebelum berbelanja. Kenapa itu menjadi hal yang penting? Karena kamu hanya akan fokus untuk membeli barang yang memang kebutuhan kamu saja, dan mengurangi kemungkinan untuk tergoda membeli barang yang lain. ini juga cara menghemat duit gaji yang cukup ampuh.

 

7. Membeli Voucher Belanja

Membeli voucher belanja juga merupakan salah satu cara menghemat duit gaji yang ampuh, kenapa? Karena tentu saja yang namanya voucher harganya lebih murah yang otomatis kamu bisa menghemat gaji untuk membeli barang – barang kebutuhan kamu.

 

Nah demikianlah cara menghemat duit gaji yang sebenarnya cukup mudah dilakukan tetapi terasa sangat sulit dijalani. Mulailah dulu satu persatu dan perlahan-lahan atau diselingi dulu cara-cara diatas sampai kamu merasa nyaman dengan kebiasaan baru tersebut. Setelah dijalani beberapa saat dijamin kamu akan terbiasa dan kamu bisa lihat berapa banyak uang gaji yang bisa kamu selamatkan. Selamat mencoba!

 

Menghemat Gaji dengan MyDOVI

Kalian sudah pada tahu belum kalau saat ini MyDOVI juga menyediakan Digital Voucher dengan harga murah?

Kamu bisa mendapatkan diskon hingga 50% jika membeli digital voucher via MyDOVI, Wow! Sangat menguntungkan bukan?

Oh iya, voucher-voucher dijual sangat terbatas dan cepat sekali habis, makanya buruan diserbu digital voucher dari MyDOVI sekarang juga!


1 thought on "Cara Menghemat Gaji Bulananmu, Mulai dari yang Kecil!"

3 Comment Found
user

IPvMLuYrjhECRXO

09 March 2024 13:55

NkboEtfrdRYQSIUV

user

IPvMLuYrjhECRXO

09 March 2024 13:55

NkboEtfrdRYQSIUV

user

IPvMLuYrjhECRXO

09 March 2024 13:55

NkboEtfrdRYQSIUV

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *