Cara Merencanakan Promosi yang Efektif!

MyDovi / 12 December 2022
Cara Merencanakan Promosi yang Efektif!

Menjalankan bisnis tanpa promosi ibarat makan sayur tanpa garam: hambar! Dalam bisnis, merencanakan promosi adalah strategi penting yang bertujuan untuk menginformasikan dan mempengaruhi target konsumen agar membeli produk yang dijual.

Promosi sangat perlu dilakukan agar calon konsumen mengetahui produkmu, lalu tertarik untuk membelinya. Karena itu, perencanaan matang perlu dibuat untuk promosi yang efektif.

Kegiatan promosi harus direncanakan dengan baik, karena melakukan promosi juga pastinya akan memerlukan pembiayaan. Jika promosi yang tidak dilakukan dengan baik, tentunya akan berpotensi menyebabkan kerugian.

Untuk memaksimalkan strategi promosi setidaknya ada 7 tahap yang bisa dilakukan sebuah bisnis, berikut beberapa tahapan perencanaan promosi secara efektif yang harus Kamu ketahui.


Menentukan Target Market

Tahapan pertama dalam melakukan promosi ini berkaitan dengan penentuan STP (Segmenting, Targeting, dan Positioning).

Untuk menghadapi persaingan yang ketat, kita harus menentukan segmentasi yang lebih personal untuk menghadapi perilaku konsumen yang beragam. Dengan begitu, target market kita lebih jelas dan budget promosi jadi lebih efektif. Dengan menentukan target market, Kamu akan lebih mudah menentukan media promosi apa yang cocok dan sesuai untuk digunakan.


Menentukan Besarnya Insentif & Syarat Partisipasi

Menentukan besarnya insentif sangat penting dilakukan saat mengadakan program promosi penjualan, karena hal ini akan sangat memengaruhi respon penjualan. Semakin tinggi insentif yang diberikan biasanya akan meningkatkan minat calon konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan.

Kemudian setelah menentukan besarnya insentif, perusahaan juga harus menentukan syarat-syarat partisipasi. Biasanya, hal ini dilakukan agar dapat menyasar pada segmen pasar yang lebih spesifik ataupun membatasi jumlah partisipan yang dapat menikmati insentif promosi penjualan.

Dengan cara ini biasanya insentif hanya ditawarkan kepada mereka yang memenuhi syarat-syarat tertentu. Misalnya, beli 2 diskon 10%, beli 3 diskon 30%, dan lain-lain. dengan besaran insentif yang tepat, promosi akan menarik lebih banyak pembeli secara efektif.


Merencanakan Pesan

Tahapan selanjutnya dalam membuat rencana dan melakukan promosi adalah merencanakan pesan. Saat ini komunikasi sudah berlangsung secara dua arah sehingga perusahaan harus bisa membuat pesan yang membangun komunikasi dua arah dengan konsumen.

Sebelum membuat pesan untuk memperkuat promosi, perusahaan harus memperhatikan siapa targetnya. Gunakan bahasa yang sesuai dengan target market untuk memperkuat pesan promosi. Buatlah pesan yang mempunyai daya tarik emosional, rasional, dan moral. Pembeli yang tertarik lewat pesan menarik akan menambah efektifitas promosi.

 

Memilih Media Promosi yang Efektif

Pilihlah channel media yang tepat sesuai dengan target konsumen kita. Media digital memang memperkaya channel promosi tapi jangan menggunakan media digital karena ikut-ikutan saja.

Fokuslah pada target market yang dituju, pelajari perilaku mereka, lalu pilihlah media yang sesuai. Ada dua pilihan media yang ada yaitu, media offline dan media online. Kedua pilihan tersebut berkaitan dengan target pasar dan dana yang disiapkan.


Menentukan Durasi Promosi

Menentukan durasi pelaksanaan promosi juga tidak kalah penting untuk melakukan promosi yang efektif, hal ini terkait dengan kesempatan para konsumen untuk dapat menikmati insentif dari program promosi yang dijalankan.

Jika durasi promosi penjualan terlalu singkat biasanya hanya sedikit konsumen yang bisa mengambil keuntungan, apabila promosi penjualan dilakukan terlalu lama maka akan kehilangan daya tarik untuk membujuk konsumen.


Mengukur Efektif Atau Tidaknya Promosi

Banyak pelaku bisnis yang sering kali tidak melakukan pengukuran terhadap strategi promosi yang telah dijalankan. Padahal tahapan ini penting dalam melakukan promosi untuk mengetahui seberapa efektif rencana strategi promosi yang Anda laksanakan.

Pengukuran efektivitas promosi bisa dilakukan dengan cara mengukur dampak terhadap penjualan, melakukan riset sederhana tentang brand awareness, atau melakukan pengukuran di media digital jika menggunakan digital marketing.


Menentukan Anggaran Promosi

Penentuan anggaran dilakukan untuk mengetahui secara pasti berbagai biaya yang harus dikeluarkan dalam program promosi penjualan. Menentukan besaran biaya ini bisa ditentukan berdasarkan berbagai hal seperti besarnya insentif, durasi waktu, sarana promosi, jangkauan distribusi, dan faktor tak terduga lainnya.

Itulah tahapan yang bisa Kamu lakukan dalam membuat rencana atau melakukan promosi bagi bisnismu. Kamu bisa menggunakan MyDOVI sebagai bantuan dalam merencanakan promosi bisnismu!

1 thought on "Cara Merencanakan Promosi yang Efektif!"

3 Comment Found
user

cBsYTFyxWtj

07 February 2024 21:23

LdJQKEuwScT

user

cBsYTFyxWtj

07 February 2024 21:22

LdJQKEuwScT

user

cBsYTFyxWtj

07 February 2024 21:22

LdJQKEuwScT

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *