Ghost Kitchen, Masa Depan dari Bisnis Kuliner

MyDovi / 08 December 2022
Ghost Kitchen, Masa Depan dari Bisnis Kuliner

Apakah kamu pernah mendengar istilah Ghost Kitchen? Tenang, ini bukan mistis, artinya bukan dapur yang ada hantunya, kok. Ghost Kitchen atau ghost restaurant disini maksudnya adalah bisnis kuliner yang memproduksi makanan, tetapi tidak memiliki dapur atau restoran.

Biasanya, pemiliki bisnis menyewa dapur dari pihak lain atau terkadang menggunakan dapur pribadi. Pembelian hanya dilayani melalui aplikasi seluler atau halaman situs. Makanan akan dikirimkan kepada pemesan, tidak ada bangunan di mana konsumen bisa menikmati makanan di tempat.

Dengan berkembangnya aplikasi transportasi online yang merambah jasa pengiriman makanan, perkembangan ghost kitchen semakin pesat. Karena metode bisnis ini memang eksklusif hanya tersedia online, adanya penyedia pengiriman makanan ini mempermudah perkembangan bisnis ini.

Kelebihan model bisnis Ghost Kitchen

Model bisnis ini tidak membutuhkan banyak modal dan juga lebih cepat. Selama Kamu memiliki keterampilan di bidang kuliner, Kamu bisa segera memulai bisnis ini.

Ghost Kitchen bisa menjadi sarana uji coba produk bagi pebisnis pemula. Sebelum membuka restoran yang proper, Kamu bisa berjualan online terlebih dahulu untuk mengevaluasi minat pasar terhadap produkmu.

Dengan bisnis ini yang mengandalkan pengiriman makanan online akan lebih praktis dan lebih mudah bagi konsumen, sehingga Kamu dapat menjangkau konsumen lebih luas dari berbagai area.

Yang juga menarik dari Ghost Restaurant, Kamu bisa membuat beberapa merek dengan mudah. Kamu bisa membuat produk yang sama dengan berbagai variasi dan merk yang berbeda. Tujuannya , untuk menjaring pasar sebanyak-banyaknya.

Kekurangan model bisnis Ghost Kitchen

Model bisnis Ghost Kitchen juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya Kamu akan kesulitan menentukan bisnis saingan sebagai acuan. Hal ini dikarenakan banyaknya bisnis makanan yang bergabung dalam sebuah aplikasi online, sehingga Kamu juga akan kesulitan menentukan strategi pemasaran untuk bisnismu.

Selain itu, Kamu juga dapat kehilangan konsumen tanpa Kamu ketahui. Memang saat membuka aplikasi pengantaran makanan online, orang bisa saja tiba-tiba memutuskan membeli produkmu. Tapi, untuk mencapai hal tersebut kamu perlu memastikan merek milikmu muncul dalam pencarian dan cukup mampu menarik konsumen.

Meski demikian, model bisnis yang satu ini tetap layak untuk dicoba. Apalagi mengingat keadaan pandemi sekarang yang membuat masyarakat kebanyakkan harus mengandalkan aplikasi online untuk kebutuhan pangan sehari-hari.

Kamu tinggal memaksimalkan pemasaran dengan mengikuti berbagai program yang disediakan aplikasi pengantaran makanan online tersebut dan juga menggunakan aplikasi yang dilengkapi dengan fitur pengaturan kampanye marketing.

Salah satunya tentu saja adalah MyDOVI yang menyediakan promo berupa voucher digital yang bisa Kamu gunakan sebagai sarana promosi yang menguntungkan bagi bisnismu. Selain itu, kamu tidak harus memiliki restoran fisik untuk bisa menjadi merchant di MyDOVI, karena kamu dapat memanfaatkan fitur pengiriman produkmu secara online di MyDOVI.

Jadi menggunakan MyDOVI sebagai alat promosimu sangat cocok untuk kamu yang memilih Ghost Kitchen sebagai model bisnismu!

1 thought on "Ghost Kitchen, Masa Depan dari Bisnis Kuliner"

0 Comment Found

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *