Jenis Media Promosi untuk Meningkatkan Penjualanmu

MyDovi / 13 December 2022
Jenis Media Promosi untuk Meningkatkan Penjualanmu

Bisnis yang sukses adalah yang penjualannya mengalami peningkatan. Untuk mencapai hal tersebut, maka diperlukan sebuah upaya promosi memperkenalkan produk yang dimiliki. Promosi dapat dilakukan melalui berbagai media. Apalagi kini sudah ada teknologi canggih yang bisa dimanfaatkan sebagai media promosi dengan hasilnya yang lebih cepat dan menjangkau pasar secara luas, bahkan hingga luar negeri.

Inilah jenis-jenis media promosi yang bisa kamu gunakan untuk menjual produk atau jasa bisnismu:


1. Internet

Koneksi internet saat ini seakan sudah menjadi kebutuhan sehari-hari oleh sebagian besar masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Semua hal bisa ditemukan melalui internet, salah satunya adalah transaksi jual beli. Bahkan, bisa dikatakan bahwa sekarang masyarakat lebih menyukai berbelanja di toko online karena dirasa lebih praktis.

Oleh karena itu, kamu perlu memanfaatkan fenomena tersebut dengan sebaik-baiknya. Gunakan internet sebagai media promosi online. Bisa melalui website, media sosial (Instagram, WhatsApp, Facebook), email, e-commerce, atau video conference. Selain mudah untuk dilakukan, kamu juga tidak perlu mengeluarkan biaya pemasaran. Kalaupun memakai Facebook Ads atau sejenisnya yang membutuhkan biaya, nominalnya juga tidak terlalu besar. Dengan begitu, budget yang kamu punya bisa digunakan untuk keperluan lainnya.


2. Televisi

Beriklan di televisi memang menarik paling banyak konsumen karena mampu menampung banyak iklan. Metode iklan yang berupa gambar bergerak dengan suara juga lebih memikat hati penontonnya. Sayangnya, membuat iklan di televisi membutuhkan banyak waktu, sehingga biaya yang dibutuhkan pun juga sangat besar. Di samping itu, durasi iklan juga hanya sebentar, yaitu satu menit saja maksimal. Ini karena harus bergantian dengan iklan-iklan lainnya, sehingga ada kemungkinan terlewat dan informasi tidak bisa tersampaikan dengan lengkap.


3. Brosur

Brosur adalah media promosi cetak yang dikeluarkan dalam jumlah banyak sekaligus secara tidak berkala dengan satu hingga beberapa halaman kecil dalam kualitas yang bagus. Hingga kini, brosur masih cukup digemari oleh para pengusaha untuk mempromosikan bisnisnya. Biasanya, brosur banyak tersedia di bagian kasir toko sehingga akan menarik minat konsumen untuk mengambilnya. Terkadang, brosur juga dibagi-bagikan oleh pihak marketing kepada konsumen yang mereka temui.

Brosur yang bagus adalah yang mencakup cukup informasi terkait produk yang dipromosikan berikut gambar aslinya. Pemberian warna dan desain brosur yang eye-catching akan semakin menambah daya tarik bagi konsumen.


4. Banner

Untuk tampilan yang lebih mencolok lagi, kamu bisa menggunakan media promosi berupa banner yang dicetak dalam ukuran besar dan dipasang di tempat yang mudah dilihat. Umumnya, banner memiliki ukuran 80 x 200 cm, sehingga dari jarak jauh pun sudah dapat dilihat oleh orang.

Pemasangan banner secara horizontal bisa pada tiang yang telah disediakan khusus dan biasanya harus menyewa pada pihak penyedia. Namun kamu juga bisa memilih banner vertical yang dipasang pada rangka berbentuk X atau yang lebih dikenal dengan sebutan X-banner. Banner jenis ini bisa diletakkan di depan tokomu atau bisa juga dipindahkan dengan mudah untuk diletakkan di tempat lain. Misalnya ketika kamu mengikuti event untuk mempromosikan bisnismu, maka kamu bisa dengan mudah memindahkannya.


5. Poster

Kamu pasti sudah sering menemui adanya poster-poster yang mengiklankan berbagai macam produk di tempat-tempat umum. Ya, poster memang merupakan salah satu media promosi yang umum digunakan untuk mempromosikan suatu bisnis. Pemasangannya yang berada di tempat strategis dan ukurannya yang cukup besar membuatnya berpotensi besar menarik perhatian orang-orang yang ada di sekitarnya. Untuk semakin minat pembaca, maka kamu perlu mendesain poster dengan tampilan yang cukup mencolok dan menjelaskan tentang bisnis atau promomu dengan baik.


6. Merchandise

Konsumen pasti akan sangat senang jika mendapatkan barang secara gratis dan dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karenanya, menggunakan media promosi berupa merchandise cukup baik dalam memikat hati konsumen untuk membeli brandmu. Beberapa barang yang biasanya digunakan sebagai merchandise antara lain:

  • Alat tulis (bolpoin atau pensil)
  • Mug
  • Topi
  • Kalender
  • Gantungan kunci
  • Payung
  • Goodie bag
  • Buku/notes
  • Bantal
  • Stiker
  • Magnet kulkas
  • Botol minum
  • T-shirt


7. Radio

Memasang iklan di radio juga tergolong efektif dalam menarik minat konsumen. Tidak membutuhkan banyak biaya, mampu menjangkau wilayah secara luas, dapat diterima dan didengar di wilayah tanpa listrik, dapat penyampaiannya mudah diterima siapa saja. Sayangnya, berpromosi di radio tidak dapat menampilkan gambar, sulit menyampaikan informasi yang kompleks, dan waktunya juga terbatas.


8. Koran/Majalah

Ada media promosi koran dan majalah. Keduanya merupakan media cetak yang dapat menampilkan banyak informasi dan sering dibaca konsumen. Memasang iklan di koran bisa berupa tulisan yang dipasang pada kolom khusus iklan. Namun, penyampaiannya jadi kurang efektif karena konsumen tidak bisa melihat produknya, serta tarifnya dipatok per kata sehingga biayanya akan mahal. Meski begitu, kamu juga bisa beriklan menggunakan gambar dan memberikan banyak warna. Tentu saja, harganya jadi lebih mahal.

Sementara untuk majalah tampilannya akan lebih menarik dan tepat sasaran. Untuk biayanya memang tergolong mahal, sehingga susah dijangkau oleh pengusaha yang masih memiliki modal terbatas.


9. Aplikasi

Terakhir, kamu juga bisa berkolaborasi dengan beberapa perusahaan yang menyediakan layanan berupa aplikasi yang dapat menjadi media promosi untuk produkmu. Salah satunya yaitu aplikasi MyDOVI, kamu bisa berkolaborasi dengan MyDOVI untuk membuat promosi berupa voucher. Otomatis, kamu bisa menjadikan MyDOVI sebagai salah satu media promosimu.

Jadi, media promosi mana yang kamu pilih? Pastikan kamu menyesuaikannya dengan budget yang kamu miliki, ya.

1 thought on "Jenis Media Promosi untuk Meningkatkan Penjualanmu"

0 Comment Found

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *