Kapan Waktu Belanja yang Tepat?

MyDovi / 12 December 2022
Kapan Waktu Belanja yang Tepat?

Salah satu yang bikin kita bokek adalah gak tahu waktu belanja yang tepat. Padahal waktu tepat untuk berbelanja di luar konteks berbelanja kebutuhan hidup yang inti semacam beras, ikan dan sayur, sebenarnya bisa disiasati segala macamnya. Lalu, kapan sih waktu yang tepat itu?


Sudah Memiliki Budget Belanja

Pertama, waktu terbaik berbelanja adalah saat kita sudah mem-budgeting berapa uang yang akan kita gunakan untuk berbelanja. Hal ini sangat penting banget, karena terkadang dengan tidak adanya jumlah uang yang di-budgeting sama halnya kita membiarkan gaji kita, uang kita terkuras dengan cepat tanpa ada yang membendungnya. Jadi mem-budgeting berapa uang yang kita harus gunakan untuk belanja sebulan, hukumnya adalah wajib.



Mempunyai Shopping List

Yang kedua, belanjalah saat kamu telah membuat list belanja yang kamu ingin belanjakan, tentu sesuai dengan budgeting anggaran yang sudah kamu tentukan berapa jumlahnya. Kamu gak boleh belanja lebih dari budget meski daftar belanja kamu jumlahnya sedikit namun kalau mahal, akan menjadi masalah bagi keuanganmu.

Itu sebabnya dengan membuat daftar belanja yang akan dibelanjakan, setidaknya membuat kamu agak sadar untuk berbelanja yang tepat dan cermat. Kamu tidak panic buying, untuk berbelanja apa saja, tapi sudah ditentukan barang/benda apa saja yang akan kamu beli. Yah setidaknya kamu gak kalap mata untuk beli ini itu, tapi belanja berdasarkan list yang sudah dibuat.

Sebelum kamu berbelanja kamu harus buat list belanja, di list tersebut bisa kamu tambahkan perkiraan harga barang yang kamu beli. Dengan asumsi berdasarkan pada pengalaman atau mau lebih detail bisa kamu cek harganya dulu sebelum membeli, lalu masukkan kedalam list belanja yang sudah kamu budgeting.


Manfaatkan Promo / Diskon

Yang ketiga, manfaatkan diskon. Bukan rahasia lagi, bahwa belanja di saat diskon sangatlah menguntungkan. Kamu bisa beli barang yang kamu inginkan namun dengan harga yang agak sedikit lebih murah dari biasanya.

Diskon-diskon ini bisa kamu gunakan sebaik mungkin guna memiliki barang keinginan mu yang sudah dipendam untuk dibelanjakan. Potongan harga atau diskon ini pasti ada kembaliannya yang berlebih. Nah, kelebihan itu bisa kamu gunakan kembali untuk berbelanja hal lain dengan menambahkan uang di bulan berikutnya. Jadi kamu bisa lebih untung saat berbelanja.

Dengan mengetahui trik sederhana untuk waktu belanja yang tepat inilah, diharapkan kamu bisa lebih jeli dan cermat dalam berbelanja. Kamu juga bisa memanfaatkan promo voucher dari MyDOVI. Kamu bisa menikmati banyak diskon dari berbagai merchant di dalamnya. Kapanpun belanjamu akan terasa tepat dengan MyDOVI!

1 thought on "Kapan Waktu Belanja yang Tepat?"

2 Comment Found
user

slPgCxvBKdke

09 March 2024 13:55

rmOcGvPng

user

slPgCxvBKdke

09 March 2024 13:55

rmOcGvPng

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *