Menu Tidak Laku? Begini Cara Mengakalinya!

MyDovi / 12 December 2022
Menu Tidak Laku? Begini Cara Mengakalinya!

Dalam menjalankan bisnis terutama dalam bisnis kuliner pastinya Kamu akan mengalami stagnansi dalam bisnis, terdapat adanya pengaruh strategi pemasaran produk guna untuk mengatasi produk / menu yang tidak laku. Selain itu juga pentingnya strategi segmenting, targeting dan positioning menu terhadap upaya dalam mengatasi menu yang tidak laku.

Lalu, bagaimana cara mengakali menu yang kurang laku menjadi salah satu menu favorit di restoranmu?


Mengubah Strategi Pemasaran

Dengan mengubah strategi pemasaran yang lebih efektif dan efisien agar mengatasi produk/menu yang tidak laku. Perubahan strategi pemasaran memungkinkan Kamu agar  dapat meneliti kembali strategi pemasaran sebelumnya  apakah sudah sesuai dengan segmen pasar, target dan positioning produk yang tepat.


Mengubah Display Menu

Kamu bisa mengubah susuan menu untuk lebih menonjolkan menumu yang kurang laku secara visual atau menaruh menu yang kurang laku di tempat yang lebih tempat yang lebih tepat dalam keseluruhan menu yang kamu tawarkan.


Custom Produk

First impression atau kesan pertama pelanggan terhadap produkmu sangatlah penting sebagai daya tarik pelanggan. Karena itu, Kamu perlu mempercantik tampilan menumu baik dalam tampilan di buku menu ataupun tampilan plating menu / penyajian secara langsung.


Pemasaran Media Sosial

Salah satu penyebab menumu menjadi tidak laku adalah kurangnya pemasaran dari menu tersebut. Jadi, Kamu perlu memasarkan lebih banyak lagi tentang menu tersebut. Terutama di era digital ini sudah ramai pemasaran melalui media sosial. Berikan promosi dan konten yang menarik di sosial media mengenai menu tersebut. Dengan begitu penggunaan media sosial tersebut sangat efektif guna mengatasi menu tidak laku.


Gabungkan Produk Tidak Laku Pada Produk Laku

Cara selanjutnya adalah Kamu dapat membuat beberapa paket hemat dari setiap pembelian konsumen dengan cara menggabungkan beberapa produk yang tidak laku dengan produk yang laku sehingga terbentuk paket hemat dengan harga yang bisa Kamu sesuaikan sendiri keuntungannya. Metode penggabungan yang juga disebut sebagai promo bundling ini dapat dilakukan oleh perusahaan guna untuk mengatasi produk tidak laku.

 

Berikan Promo

Tentu saja Kamu bisa memberikan apa yang paling diinginkan pelanggan, yaitu promo baik berupa diskon ataupun voucher yang secara spesifik ditujukan untuk pembelian menu yang kurang laku tersebut, sehingga akan banyak pelanggan yang mencoba membeli menu tersebut.

Kamu bisa menggunakan alat promosi seperti MyDOVI! Kamu dapat memberikan diskon berupa voucher yang tersedia di MyDOVI sebagai strategimu untuk meramaikan menumu yang tidak laku. Jadi, tunggu apa lagi? Daftar sekarang sebagai DOVI Merchant dan nikmati fitur-fitur yang dapat membantu bisnismu!

1 thought on "Menu Tidak Laku? Begini Cara Mengakalinya!"

1 Comment Found
user

pqbcmwshjo

30 November 2023 05:29

Muchas gracias. ?Como puedo iniciar sesion?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *