Pengertian Konsumsi dan Tips Menghindari Kebiasaan Konsumsi Berlebihan

MyDovi / 20 November 2023
Pengertian Konsumsi dan Tips Menghindari Kebiasaan Konsumsi Berlebihan

Bagaimana tahun 2023 ini berjalan buat kamu? Menjelang akhir tahun 2023 ini kamu sudah bisa mengevaluasi apa yang sudah kita lalui. Apakah sudah lebih baik dari tahun lalu atau masih sama saja? Jika masih sama, sebaiknya DOVIAN membuat beberapa strategi hidup agar tahun depan bisa lebih baik dari tahun ini.

Salah satu hal penting yang perlu dievaluasi yaitu bagaimana pengeluaran dan tingkat konsumsi kamu. Jika pengeluaran terlalu besar karena tingkat konsumsi yang tinggi alias berlebihan, artinya ada yang perlu diperbaiki.

 

Apa Itu Konsumsi?

Sebelum membahas tips menghindari konsumsi yang berlebihan alias tingkat konsumsi yang tinggi, ada baiknya kamu tahu apa itu konsumsi. Konsumsi dalam istilah ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan untuk menghabiskan nilai guna dari suatu barang atau jasa agar memenuhi kebutuhannya baik secara langsung atau bertahap.

Kegiatan konsumsi ini sangat penting bagi kita semua, karena konsumsi adalah salah satu faktor terbesar agar kehidupan tetap berjalan. Namun sekali lagi, jangan sampai melakukan konsumsi yang berlebihan dan menjadi boros.

 

Tips Menghindari Tingkat Konsumsi Tinggi

1. Tentukan skala prioritas kebutuhan

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk menghindari konsumsi tinggi adalah menentukan skala prioritas kebutuhan.

Buatlah daftar semua kebutuhan sehari-hari. Lalu, tentukan dan urutkan mana prioritas tertinggi hingga terendah. Dengan menentukan skala prioritas kebutuhan, kamu dapat mengalokasikan dan menggunakan uang secara lebih efektif.

 

2. Pakai strategi 50/30/20

Strategi 50/30/20 adalah istilah strategi alokasi dana yang sering digunakan oleh banyak ahli keuangan. Strategi ini membagi pengeluaran kamu menjadi tiga kategori, yaitu:

50% untuk konsumsi kebutuhan dasar seperti makanan, sandang, dan papan.

30% untuk konsumsi kategori keinginan seperti hiburan, gadget, dan hobi.

 

20% untuk tabungan, investasi, dan membayar utang.

Dengan mengikuti strategi 50/30/20, kamu dapat mengalokasikan uang dengan efektif dan menghindari konsumsi berlebih karena sudah dialokasikan terlebih dulu.

 

3. Dahulukan dana darurat, asuransi, dan investasi

Hal lain yang perlu diperhatikan untuk menghindari konsumsi yang tinggi adalah memprioritaskan penghasilan untuk dana darurat, asuransi, dan investasi. Sebelum membeli barang-barang yang tidak penting, pastikan bahwa kamu telah memiliki dana darurat yang cukup atau polis asuransi yang sesuai. Selain itu, alokasikan sebagian pendapatan kamu untuk investasi, misalnya pada reksadana atau saham.

 

Pakai Aplikasi MyDOVI untuk Cegah Konsumsi Tinggi

Menghindari konsumsi tinggi dan boros memang bukan perkara mudah. Namun dengan menghindari pemborosan, kamu bisa menjaga kondisi keuangan pribadi tetap stabil.

Salah satu cara agar bisa mencegah konsumsi yang berlebihan adalah dengan berbelanja kebutuhan atau jajan dengan hemat. Dengan begitu, kamu bisa mengurangi pengeluaran untuk berbelanja setiap bulan nya.

 

Kamu bisa berbelanja hemat dengan membeli digital voucher di aplikasi MyDOVI. Kamu bisa nikmati berbagai pilihan voucher dari ratusan merchant di dalamnya.

Untuk kamu yang mau berbelanja hemat, Download sekarang aplikasi MyDOVI di App Store dan Google Play Store ya, lalu jangan lupa belanja pakai Digital Voucher MyDOVI!


1 thought on "Pengertian Konsumsi dan Tips Menghindari Kebiasaan Konsumsi Berlebihan"

0 Comment Found

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *