Strategi Jitu Biar Cepet Lulus Skripsi! Kamu Pasti Lulus Tepat Waktu!

MyDovi / 16 January 2024
Strategi Jitu Biar Cepet Lulus Skripsi! Kamu Pasti Lulus Tepat Waktu!

Skripsi merupakan jembatan akhir bagi mahasiswa untuk menyelesaikan studi nya dalam meraih gelar sarjana. Banyak yang mengatakan ketika menggarap skripsi itu, jalan nya berat banget! Ibaratkan pintu lulus didepan mata namun kamu harus melewati rintangan berliku-liku dulu.

Namun itulah yang membuat perjuangan mahasiswa menjadi sangat nyata, menyandang gelar pendidikan yang diimpikan akan mudah jika kamu memahami beberapa strategi jitu yang bisa kamu terapkan kita sedang menggarap skripsi! Perhatikan dulu yuk~

 

1. Pilih lah topik dan materi yang benar-benar kamu minati

Kumpulkan topik dan pilihlah materi yang benar-benar kamu minati dari topik tersebut. Kamu harus mempersiapkan terlebih dahulu apakah topik tersebut cocok untuk di ujikan dalam skripsi atau malahan tidak sama sekali.

Jangan asal pilih topik! Karena itu akan membuatmu sulit menjalani nya, apalagi jika kamu harus mencari teori dan referensi di perpustakaan atau internet, kamu bakalan kesulitan jika kamu memilih topik yang tidak kamu minati.

 

2. Persiapkan waktu dengan baik!

Jangan buang buang waktu! Itu yang perlu kamu tanamkan bila ingin lulus tepat waktu. Kamu harus bisa mengalokasikan waktu dengan baik! Jangan sampai ketika kamu mendapatkan revisi, kamu malah mengundur waktu untuk memperbaiki nya dan ketika kamu sudah memperbaiki nya lalu berencana untuk menemui dosen pembimbing, tiba-tiba dosen pembimbingnya pergi dinas keluar kota atau bahkan keluar negeri, hayo kamu bisa apa :’)

 

3. Jangan malu bertanya pada Dosen Pembimbing

Pasti ada beberapa hal yang tidak kamu pahami dari topik yang kamu ambil, kamu harus rajin bertanya pada dosen pembimbing, jangan malu untuk bertanya karena satu satunya cara kamu bisa menyelesaikan skripsi mu dengan baik hanyalah dari bantuan dosen yang membimbing kamu.

Kamu tidak boleh melepas kesempatan untuk melakukan bimbingan dengan dosen pembimbing, jangan malu untuk bertanya dengan materi yang tidak kamu mengerti karena dosen pembimbing pasti akan menuntunmu untuk menyelesaikan skripsi mu dengan cepat dan tepat

 

 

4. Kerjakan skripsimu ditempat yang tenang dan aman

Kerjakan skripsi mu di tempat yang tenang dan aman dari suara bising dan berisik agar tidak mengganggu konsentrasimu. Cari pencerahan di tempat seperti perpustakaan untuk mengumpulkan bahan analisis yang tepat atau di kafe.

Ajak teman mu untuk berdiskusi bersama, tapi kamu harus memperhatikan bagian apa saja yang perlu di perbaiki dan mengkoreksi bagian skripsi mu.

 

5. Buat deadline sendiri agar kamu semakin menghargai waktu

Kamu bisa membuat deadline atau tenggat waktu dalam mengerjakan skripsi mu agar kamu bisa semakin tahu kalau waktu yang kamu miliki tidak banyak. Kamu akan semakin giat mengerjakannya karena jika kamu membuang-buang waktu, kamu akan merasa rugi sendiri ketika melihat teman teman mu sudah wisuda duluan. Dengan bantuan deadline, kamu bisa mengerjakan skripsi mu dengan tepat karena tertata dengan baik.

 

6. Rajin-rajin membaca karya ilmiah, kamu bisa mempelajari struktur penulisan nya dari situ

Menulis skripsi tentunya diperlukan banyak sekali materi yang perlu kamu kumpulkan sebagai referensi untuk menyelesaikan sebuah skripsi. Kamu bisa rajin membaca karya ilmiah agar kamu bisa mempelajari struktur penulisan yang pastinya kamu perlukan didalam skripsi mu.

Selain itu kamu harus mempelajari tata bahasa Indonesia yang baik dan benar agar gagasan yang kamu garap dalam skripsi mu menjadi lebih sistematis serta logis.

 

7. Carilah motivasi dari teman dan keluarga agar lebih semangat

Motivasi merupakan dorongan yang terpenting agar membuat kita selalu bersemangat dalam mengerjakan sesuatu yang sulit kita tangani. Nah, kamu bisa minta dukungan dan motivasi dari pacarmu, temanmu atau keluargamu lho.

Dukungan mereka merupakan salah satu hal yang membuat pekerjaan skripsi mu menjadi lebih ringan dan tidak menjadikan skripsi itu adalah beban hidup yang harus kamu lewati.

 

8. Istirahat yang cukup dan tenangkan diri

Mulailah untuk beristirahat dan tenangkan diri mu. Karena dengan beristirahat kamu akan terhindar dari sakit yang akan menghambat pekerjaan skripsimu. Tetap jaga pola makan, pola tidur dan hindari begadang ya! Karena malah akan membuatmu tidak fokus dalam mengerjakan skripsi.

 

9. Yang terakhir yang paling penting! Selalu berdoa karena usahamu berhasil karena dukungan Yang Maha Esa juga

Skripsi mu bisa selesai karena usaha dan kerja kerasmu dalam menyelesaikan nya. Tapi tak lupa untuk selalu beribadah dan berdoa kepada Nya karena dengan bantuan Yang Maha Esa, kamu bisa menyelesaikan nya dengan baik.

Itulah tips jitu biar bisa cepet lulus skripsi! Ingat dengan baik tapi jangan lupa untuk diterapkan ya! Skripsi merupakan hal yang menakutkan bagi kalangan mahasiswa, tapi tidak akan semengerikan itu jika kamu menerapkan tips jitu diatas!

Jangan lupa untuk selalu menjaga pola makan mu dengan baik karena kamu akan sakit jika tidak makan dengan baik. Nah, kamu bisa nih memanfaatkan promo potongan harga voucher Gosha dari MyDOVI lho! Kamu bisa cek sekarang promonya di aplikasi MyDOVI yang bisa kamu download melalui App Store dan Google Play Store! Semoga skripsi mu bisa diselesaikan dengan baik ya, DOVIAN!

 

1 thought on "Strategi Jitu Biar Cepet Lulus Skripsi! Kamu Pasti Lulus Tepat Waktu!"

0 Comment Found

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *