Strategi Jitu Bisnis UMKM di Era Digital

MyDovi / 08 December 2022
Strategi Jitu Bisnis UMKM di Era Digital

Era digital merupakan era yang penuh dengan perubahan, misalnya cara berkomunikasi dan cara bertransaksi. Kehadiran internet telah memacu masyarakat untuk memilih metode yang serba cepat, efisien, dan mudah. Pesatnya perkembangan teknologi di era digital telah membuat semua kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat menjadi serba online dan instan. Alhasil, berbagai jenis bisnis harus berlomba-lomba agar bisa dilirik oleh calon pelanggan, khususnya bisnis UMKM.

Di era yang serba cepat ini, para pebisnis UMKM harus bertindak cepat pula agar mampu unggul ketika bersaing dengan kompetitor, mulai dari sesama UMKM hingga korporasi. Penyusunan strategi UMKM tentu akan selalu mengikuti segala tren dan perkembangan yang ada sehingga pebisnis harus selalu tanggap terhadap perubahan.

Lalu, bagaimana strategi yang harus dilakukan oleh Bisnis UMKM di era digital ini?


Tentukan Keunikan Produkmu

Apa yang membedakan produkmu dengan produk-produk kompetitor? Cari tahu keunikan produkmu agar bisa bersaing. Pada dasarnya segala sesuatu yang unik dan berbeda, tentu akan memberikan daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Sehingga mereka lebih mudah mengenali dan mengingat produk atau layanan tersebut, dibandingkan produk atau layanan lainnya yang sudah umum di pasaran.

Semakin unik produk atau layanan yang Kamu tawarkan, maka akan semakin memudahkan konsumen dalam mengenali produk atau layanan tersebut. Dan semakin banyak konsumen yang mengenali produkmu, maka semakin besar pula peluangmu untuk menanamkan imej produk atau layanan yang Kamu tawarkan di benak para konsumen.


Aktif di Media Sosial

Adalah hal wajib bagi pemilik bisnis online untuk memanfaatkan media sosial sebagai kanal marketing. Mengingat masyarakat Indonesia memang merupakan masyarakat yang aktif di jejaring sosial. Banyak peluang yang bisa kamu dapatkan melalui media sosial. Apalagi zaman modern ini kamu harus bisa menyesuaikan dengan trend yang sedang terjadi.

Dengan begitu besarnya potensi memasarkan bisnis online melalui jejaring sosial, Anda tidak dapat serta merta terjun begitu saja menggarap kanal marketing yang luas tersebut. Diperlukan strategi komunikasi yang matang agar pasar di jejaring sosial ini tergarap dengan efektif dan efisien.


Tampilkan Produkmu Semenarik Mungkin

Penampilan produk pada masa kini tidak hanya memperhatikan tampilan kemasan, namun bagaimana kita juga menampilkan produk secara digital. Namun tidak hanya tampilan produk secara visual, Kamu juga perlu memberikan deskripsi produk yang menarik.


Sediakan Metode Pembayaran yang Beragam

Metode pembayaran online adalah cara pelanggan untuk membayar barang dan jasa. Dengan maraknya marketplace dan transaksi online, metode pembayaran di Indonesia kini sudah sangat bervariasi. Bagi pemilik usaha/bisnis, memilih metode pembayaran apa yang ditawarkan sangat penting. Terutama, yang sesuai dengan kebutuhan bisnis dan pelanggan. Semakin lengkap metode pembayaran yang Kamu punya, semakin mudah pula pelanggan dalam melakukan pembayaran.


Buat Promo yang Menarik bagi Pelanggan

Semua konsumen tentu senang dengan yang namanya promo. Inilah mengapa banyak pesta belanja online selalu dinantikan. Berikut cara promosi unik yang bisa kamu terapkan untuk bisnis. Oleh karena itu, banyak brand berlomba-lomba untuk memberikan promo menarik dan diskon besar-besaran terutama menjelang akhir tahun. Dengan banyaknya brand yang menawarkan promosi, bisnis tidak bisa lagi sekadar menawarkan promo berupa potongan harga. Namun tidak hanya promo bulanan, kamu juga bisa memanfaatkan momen lain untuk mengadakan promo yang menarik.

Itulah beberapa tips dan hal yang perlu diperhatikan dalam strategi bisnis UMKM di era digital. Seperti yang kita tahu bahwa salah satu yang perlu Kamu siapkan agar dapat bersaing dengan kompetitor di era digital adalah dengan membuat promo yang menarik.

Salah satu promo yang Kamu dapat gunakan adalah promo voucher digital MyDOVI. Dengan voucher digital MyDOVI, Kamu dapat membuat promomu secara suka-suka! Sehingga akan memudahkan Kamu dan bisnismu untuk membuat promo menarik di era digital ini.

1 thought on "Strategi Jitu Bisnis UMKM di Era Digital"

1 Comment Found
user

Marketing Digital

04 January 2024 15:59

informasi tentang strategi jitu bisnis UMKM sangat bermanfaat. Strategi pemasaran produk yang sukses dapat diterapkan dengan berbagai pendekatan. Salah satunya adalah menggunakan <a href=”https://maxx.co.id/”>Jasa Pembuatan Website Toko Online</a>, yang berperan dalam memperluas pasar secara global dan menarik perhatian konsumen dari berbagai wilayah dunia

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *