Untungnya Memakai Voucher Digital Bagi Bisnismu!

MyDovi / 12 December 2022
Untungnya Memakai Voucher Digital Bagi Bisnismu!

Di tengah era pandemi COVID-19 sekarang ini, banyak kebijakan pemerintah atau situasi yang bisa berubah kapan saja. Sehingga bisnis pun perlu menyiapkan strategi untuk terus beradaptasi dengan keadaan terkini. Salah satu strategi yang sering dilupakan oleh bisnis adalah memberi voucher digital bagi pelanggan setia mereka.

Sejak dulu, voucher adalah strategi yang terkenal dan efektif untuk mendapat dan mempertahankan pelanggan. Voucher biasa didistribusikan di bisnis makanan cepat saji, supermarket, serta dicetak di koran atau majalah. Namun, di zaman modern ini, strategi ini cukup diragukan karena besarnya sampah kertas serta resiko mencetak terlalu banyak (atau terlalu sedikit). Selain itu, penggunaan dari voucher pun sulit dipantau.

Untungnya, di era digital seperti sekarang, bisnis bisa dengan mudah mengirim dan memantau voucher secara digital tanpa menghadapi masalah-masalah di atas. Kabar baiknya, metode pemberian voucher bisa diterapkan dalam bisnis skala apapun, baik bisnis baru yang sedang ingin mendapat pelanggan baru ataupun bisnis senior yang ingin mempertahankan pelanggan setianya.

Kamu masih meragukan strategi ini? MyDOVI kasitahu deh beberapa keuntungan voucher digital untuk bisnismu!


1. Meningkatkan Pendapatan

Keuntungan yang paling menarik tentu saja adalah peningkatan pendapatan. Di masa seperti sekarang ini, banyak orang masih enggan beraktivitas dan berbelanja di luar. Mereka pun cenderung lebih hemat dalam mengeluarkan uang. Karena itu, voucher digital akan sangat membantu. Faktanya, 48% pelanggan berbelanja lebih cepat ketika diberikan voucher digital, 37% membeli lebih banyak dari biasanya, dan 38% membeli barang yang tidak mereka perlukan. Angka-angka ini sangat menjanjikan untuk meningkatkan pendapatan bisnismu!


2. Memberikan Penawaran yang Lebih Personal

Bayangkan jika Kamu masih memberi voucher secara manual pada semua pelangganmu. Bukan hanya melelahkan, metode ini juga tidak efektif. Kamu tidak bisa membedakan penawaran yang Kamu berikan berdasarkan frekuensi kunjungan pelanggan, ataupun nilai pembelanjaan rata-rata dan preferensi mereka. Kamu pun tidak mungkin mencetak berbagai jenis voucher untuk segmen-segmen spesifik ini. Dengan voucher digital, Kamu bisa melakukan ini dengan lebih mudah, dan vouchermu pun lebih relevan bagi pelanggan. Kamu bisa mengirimkannya melalui aplikasi, SMS, atau email. Dengan penawaran yang lebih personal kepada masing-masing pelanggan, mereka pun merasa lebih dihargai dan diperhatikan, dan ini akan meningkatkan kesetiaan mereka pada bisnismu.


3. Mendapatkan Data Penting

Salah satu masalah terbesar dalam memberikan voucher secara manual adalah kesulitan memantau pelanggan yang menggunakannya. Dengan voucher digital, Kamu bisa dengan mudah mengetahui siapa pelanggan yang memakainya, dan voucher mana yang paling sering dipakai. Kamu bisa mengevaluasi hasil setiap pemberian voucher sebagai acuan untuk strategimu berikutnya. Dengan begitu, Kamu bisa menjalankan marketing campaign yang lebih tepat untuk bisnismu.


4. Menumbuhkan Kesetiaan

Tujuan utama dari setiap strategi retensi pelanggan adalah membuat pelanggan setia terhadap bisnismu, dan inilah manfaat penting dari voucher digital. Kamu juga dapat menambahkan ini sebagai bagian dari program loyalty atau membership bisnismu. Dengan begitu, Kamu bisa mengirimkan voucher bagi pelanggan di tahapan manapun, baik dari mereka bergabung, ataupun di momen khusus seperti ulang tahun. Jika program loyalty-mu memiliki mobile app, tentunya memberi voucher digital pun akan semakin praktis dan pelanggan akan lebih mudah melakukan transaksi.

Masih ragu untuk menerapkan strategi voucher digital ini? MyDOVI bisa menjadi solusi untuk mempermudah bisnismu dalam membuat voucher digital! Segera daftarkan bisnismu sebagai DOVI Merchant dan dapatkan banyak keuntungan lainnya!

1 thought on "Untungnya Memakai Voucher Digital Bagi Bisnismu!"

0 Comment Found

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *