Voucher Digital dan Voucher Fisik Apa Saja Perbedaan nya?

MyDovi / 15 March 2024
Voucher Digital dan Voucher Fisik Apa Saja Perbedaan nya?

Mendengar voucher, biasanya yang akan terlintas adalah kamu bisa mendapatkan diskon atau promo. Hal tersebut memang bisa jadi acuan. Namun, voucher yang hadir dalam bentuk fisik atau digital adalah serangkaian jenis transaksi dengan nilai tertentu dan bisa digunakan untuk melakukan transaksi pembelian barang atau jasa tertentu.

Dulu voucher dikenal hadir hanya dalam bentuk fisik. Biasanya berbentuk kertas dan kemudian bisa digunakan sebagai alat transaksi pembayaran. Namun, seiring perkembangan waktu, voucher kini beralih ke dalam bentuk digital.

Sebenarnya, apa yang menjadi perbedaan voucher fisik dan voucher digital?

 

Voucher Fisik

Voucher fisik adalah selembar kertas yang dapat digunakan untuk membayar barang atau jasa tertentu. Hadir dalam bentuk kertas atau seperti kartu, voucher ini memungkinkan kamu untuk membayar barang atau jasa yang kurang dari harga biasanya.

 

Namun, hal yang menjadi kendala adalah voucher fisik saja mengalami kerusakan, hilang bahkan tertinggal.

 

Voucher Digital

Lalu, bagaimana dengan voucher digital? Voucher digital atau dikenal juga dengan e-voucher, ini berbentuk kode yang tersimpan di dalam smartphone, lebih tepatnya di dalam satu aplikasi.

Untuk penggunaanya, pengguna bisa mendapatkan kode voucher yang harus di redeem pada saat checkout belanjaan kamu. Kode voucher ini bisa di redeem dalam beberapa versi.

Jika dalam instruksinya proses redeem voucher harus ditunjukkan saat melakukan pembayaran di area kasir. Pilihan berikutnya, pengguna bisa menyalin kode voucher di aplikasi lainnya.

 

Kelebihan Voucher untuk Belanja

Selain promo dan diskon yang bisa digunakan untuk berbelanja, berikut beberapa keuntungan lain dari voucher untuk belanja.

 

1. Lebih Hemat

Voucher bertujuan agar kita membeli produk berupa barang atau jasa menjadi lebih murah. Jadinnya, apa pun yang akan kamu belanjakan, tentunya jadi lebih hemat.

 

Ditambah lagi dengan voucher digital yang bisa kamu dapatkan di aplikasi Ultra Voucher. Untuk nilai vouchernya sudah pasti diskon, ditambah lagi, bisa digunakan untuk membeli barang atau jasa yang kamu inginkan dengan harga diskon.

 

2. Bisa Mengontrol Pengeluaran

Biasanya harga voucher sudah pasti jelas. Maka, kamu bisa juga menenetukan sendiri berapa bujet yang akan kamu keluarkan untuk belanja.

Jadinya, kamu juga bisa mengontrol pengeluaran untuk berbelanja dengan lebih hemat.

 

3. Bisa Untuk Hadiah

Dulu voucher fisik seringkali dibagikan. Hal yang sama juga masih berlaku hingga sekarang. Sementara itu, untuk voucher digital juga bisa dibagikan kepada sesama teman. Salah satunya adalah voucher digital yang bisa kamu dapatkan di aplikasi MyDOVI.

Voucher ini bisa dikirimkan sebagai hadiah buat teman-teman kamu yang juga sudah menggunakan aplikasi MyDOVI.

 

4. Lebih Aman

 

Dengan adanya voucher digital, tentunya jelas lebih aman ketimbang membawa uang tunai. Apalagi, jika kamu punya nilai voucher yang yang ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Khususnya, kamu bisa mendapatkan voucher digital yang kemudian bisa kamu kirimkan ke teman-teman atau kerabat di rumah.

Karena itu, voucher digital bisa dikatakan merupakan pilihan terbaik untuk kamu yang ingin belanja hemat. Voucher digital atau yang juga disebut sebagai D-Voucher ini bisa kamu temukan di aplikasi MyDOVI yang bisa kamu unduh gratis di App Store dan Google Play Store.


1 thought on "Voucher Digital dan Voucher Fisik Apa Saja Perbedaan nya?"

3 Comment Found
user

mlxsEDKrV

19 March 2024 08:06

fPujKiIDRbALwOgZ

user

mlxsEDKrV

19 March 2024 08:06

fPujKiIDRbALwOgZ

user

mlxsEDKrV

19 March 2024 08:06

fPujKiIDRbALwOgZ

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *