Wajib Kamu Ketahui, Ini 7 Persiapan Lari Marathon Bagi Pemula

MyDovi / 19 February 2024
Wajib Kamu Ketahui, Ini 7 Persiapan Lari Marathon Bagi Pemula

Lari maraton gak cuma sekadar tren, tetapi juga memiliki manfaat untuk kesehatan bila dilakukan secara serius. Ada beberapa manfaat maraton, seperti meningkatan kebugaran dan daya tahan otot.

Efek positif lainnya adalah penurunan berat badan dan perubahan kesehatan mental. Seperti misalnya peningkatan suasana hati, harga diri, pengurangan kecemasan dan meningkatkan koneksi dengan orang lain yang memiliki gaya hidup positif.

Hanya saja, maraton tidak sembarang dilakukan, apalagi untuk pemula. Perlu persiapan khusus, meliputi aktivitas fisik rutin, dan pola makan. Simak di sini yang perlu diketahui seputar persiapan lari maraton bagi pemula!

 

Latihan Fisik secara Bertahap

Fokus utama dalam persiapan lari maraton adalah melakukan teknik dasar lari maraton yang tepat dan meningkatkan jarak latihan lari secara bertahap. Dengan latihan lari secara teratur dan bertahap ini, tubuh diharapkan memiliki cukup waktu untuk beradaptasi dengan kondisi lari jarak jauh.

Perlu diketahui, persiapan lari maraton tidak dapat dilakukan hanya dalam waktu semalam atau seminggu saja. Oleh karena itu, persiapkan fisikmu dengan melakukan latihan lari secara rutin setidaknya dalam dua hingga tiga bulan sebelum event berlangsung.

 

Medical Check Up

Melakukan pemeriksaan kesehatan rutin atau medical check-up adalah tahap awal yang perlu dijalani sebelum berpartisipasi dalam event maraton maupun jenis olahraga berat lainnya.

Pemeriksaan kesehatan ini bermanfaat untuk memastikan kondisimu dalam keadaan prima dan tidak sedang menderita penyakit kronis maupun kondisi lain yang dapat membahayakan tubuh selama berlari. Kondisi ini meliputi penyakit tulang dan sendi, hipertensi, diabetes, asma, gangguan ginjal, anemia, dan penyakit jantung (khususnya penyakit jantung iskemik, aritmia jantung, dan kardiomiopati hipertrofik).

 

Pemeriksaan Tulang dan Sendi

Dalam berlari, lutut adalah salah satu bagian tubuh yang vital dan paling sering mengalami cedera. Oleh karena itu, pelari maraton disarankan untuk menjalani pemeriksaan rontgen sendi lutut terlebih dahulu untuk mengidentifikasi kondisi seperti cedera ligamen, kerusakan kartilago, atau tanda-tanda osteoarthritis yang dapat memengaruhi kinerja lutut saat lari maraton.

 

Pemeriksaan Fungsi Paru-Paru

Pemeriksaan fungsi paru-paru sebelum lari maraton memiliki peran penting yang tidak boleh diabaikan. Pasalnya, paru-paru adalah organ vital dalam olahraga, terutama dalam lari maraton yang membutuhkan pasokan oksigen lebih besar untuk menunjang fungsi otot-otot tubuh.

Pemeriksaan paru-paru, seperti spirometri, dapat mengukur kapasitas paru-paru kamu. Hal ini membantu dalam perencanaan latihan lari yang lebih optimal.

 

Asupan Nutrisi yang Tepat

Mendapatkan asupan nutrisi yang tepat sebelum lari maraton merupakan hal yang tidak boleh diabaikan. Oleh karena itu, pastikan untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang sebelum lari maraton seperti mengonsumsi buah-buahan, sayuran, serta makanan yang tinggi protein dan karbohidrat serta hindari makanan yang mengandung kalori maupun lemak secara berlebihan.

 

Hidrasi Tubuh dengan Cukup

Selama latihan lari maraton, risiko dehidrasi pun dapat meningkat drastis. Oleh karena itu, pastikan untuk mengonsumsi air dalam jumlah yang cukup sebelum, selama, dan setelah latihan berlari. Kenali tanda-tanda dehidrasi seperti merasa haus, napas yang bau, merasa lelah atau mengantuk, bibir kering, mulut kering, atau urine berwarna gelap.

Selain itu, jangan abaikan apabila kamu merasakan tanda-tanda terpapar cuaca panas berlebihan seperti pusing, mual, atau kram otot. Pastikan untuk mengenakan pakaian yang sesuai dengan cuaca panas, gunakan pelindung sinar matahari (sunscreen), dan kurangi intensitas latihan lari apabila terdapat kondisi cuaca panas yang sangat ekstrem.

 

Istirahat yang Cukup

Jangan lupa penuhi waktu istirahat yang cukup sebelum lari maraton. Pasalnya, tubuh memerlukan waktu tidur yang cukup untuk mendapatkan stamina yang optimal sebelum menghadapi olahraga berat seperti lari maraton.

Tidur dan istirahat yang cukup (7–9 jam) dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, membangun serta memperbaiki fungsi otot, dan meningkatkan fokus serta kesehatan mental.

 

Kalau kamu merasa sudah melakukan semua persiapan di atas, ada event marathon terdekat nih minggu ini yaitu Racing The Sun by Isanation di hari Minggu, 25 Februari 2024 nanti. Cek info selengkapnya hanya di DOVI Event ya!

 

1 thought on "Wajib Kamu Ketahui, Ini 7 Persiapan Lari Marathon Bagi Pemula"

3 Comment Found
user

WPFylmANJTSVGgt

19 March 2024 08:07

yJGphdRquMlmHSXn

user

WPFylmANJTSVGgt

19 March 2024 08:07

yJGphdRquMlmHSXn

user

WPFylmANJTSVGgt

19 March 2024 08:07

yJGphdRquMlmHSXn

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *