Yuk Mari Kita Mengenal Istilah Unearned Revenue

MyDovi / 08 December 2022
Yuk Mari Kita Mengenal Istilah Unearned Revenue

Unearned Revenue adalah

Unearned revenue adalah dana yang diperoleh perusahaan dari konsumen sebelum konsumen menerima jasa atau produk yang disampaikan perusahaan padanya. Pembayaran di muka yang dilakukan konsumen bisa sebagian atau secara keseluruhan. Kita dapat menyebutnya juga dengan pendapatan yang ditangguhkan.

Unearned revenue adalah istilah yang dapat kita jabarkan sebagai pendapatan diterima di muka. Ini adalah jenis pendapatan yang akan membuat perusahaan menerima dana dengan cepat, bahkan sebelum memproduksi barang dan menyampaikannya ke konsumen.

Namun, perusahaan harus mengingat bahwa mereka tetap memiliki kewajiban untuk mengirimkan produk atau menyampaikan jasa pada konsumen sesuai perjanjian.

Oleh karena itu, akuntan akan mencatat bagian unearned revenue di bagian khusus, yaitu di liabilitas. Sama seperti laporan laba rugi yang memiliki tempat khusus. Alasannya karena perusahaan punya kewajiban untuk menyampaikan produk dan jasanya pada konsumen di waktu-waktu berikutnya.

Apabila unearned revenue sudah diselesaikan, maka akan bisa dimasukkan ke bagian aset dan menjadi pendapatan untuk perusahaan. Proses pembukuan akan lebih mudah disusun.

Unearned revenue dijalankan oleh banyak bisnis. Hal itu menjadi salah satu strategi mereka untuk melancarkan kas perusahaan. Alasannya karena ada beberapa bisnis yang tidak bisa berjalan dengan semestinya apabila pembayaran dilakukan nanti. Hal itu juga bisa saja mengacaukan operasional mereka.


Contoh Unearned Revenue

Sebenarnya contoh unearned revenue mudah Kamu temukan di keseharian. Hal itu karena unearned revenue adalah proses keuangan yang banyak diandalkan berbagai bisnis.

Supaya Kamu lebih memahaminya, berikut contoh unearned revenue yang bisa Kamu temukan dalam kehidupan sehari-hari.


1. Langganan Majalah Digital

Kamu bisa berlangganan majalah digital kesukaanmu untuk beberapa periode. Periode yang Kamu pilih untuk berlangganan misalnya adalah 12 bulan. Edisi terbaru majalah tersebut biasanya keluar sebulan sekali.

Kamu sebagai konsumen, membayar langsung langganan itu di muka untuk harga tertentu. Setelah Anda melunasinya, Kamu akan bisa mengakses edisi terbaru majalah tersebut selama 12 bulan.

Perusahaan yang menerbitkan majalah ini juga tidak akan mengalami kerugian karena dengan begini mereka akan lebih banyak menggaet pelanggan. Perusahaan juga punya kewajiban untuk mengirimkan edisi terbaru majalah digital ke pelanggan.


2. Penggunaan Perangkat Lunak (Software)

Kamu yang sehari-harinya bekerja dengan komputer, pasti memerlukan perangkat lunak untuk bekerja. Misalnya, Kamu membeli lisensi Microsoft Office. Untuk bisa menggunakannya dengan lancar, Kamu akan membayar lisensi tersebut selama 1 tahun. Dengan begini, Kamu melakukan pembayaran di muka.

Nanti pembayaran akan diingatkan untukmu lagi ketika masa pembelian sudah mendekati 12 bulan. Dari sini Kamu sebagai pelanggan bisa memilih memperbarui lisensi atau menyudahinya dan beralih ke perangkat lunak lainnya.


3. Membeli tiket pesawat

Contoh lain dari unearned revenue adalah ketika Kamu memesan tiket pesawat untuk bepergian ke tujuan tertentu. Kamu harus memesan dari jauh hari agar bisa mendapatkan tempat duduk. Apalagi ketika itu sedang peak season, biasanya Kamu bisa membeli tiket sebulan atau dua bulan sebelumnya.

Kamu akan lebih tenang ketika sudah berhasil mendapatkan tiket yang diinginkan. Tentunya untuk mendapatkan tiket itu Kamu perlu membayar dengan biaya yang sudah ditetapkan maskapai. Nanti Kamu tinggal berangkat naik pesawat sesuai dengan jadwal yang diberikan.


4. Memesan kamar hotel

Sama seperti memesan tiket pesawat, Kamu memesan kamar di hotel jauh sebelum hari H. Alasannya karena kamar di hotel juga bisa ramai di waktu tertentu, apalagi jika sedang liburan panjang.

Kamu tidak akan dirugikan memesan di awal karena Kamu yang menentukan sendiri jenis kamar hotelnya, fasilitasnya, dan layanan tambahan apa saja yang dapat Kamu raih selama menginap di hotel tersebut.


5. Memakai jasa catering

Kamu yang ingin mengadakan acara tertentu, biasanya akan menggunakan jasa catering. Kamu sepakat untuk membayar sebagian biaya catering untuk modal jasa catering dalam membeli bahan-bahan.

Saat makanan sudah tiba di lokasi, Kamu pun akan membayar lunas jasa catering yang digunakan. Kamu bisa melakukan praktik pembayaran seperti ini apabila sama-sama ada kesepakatan di antara Kamu dengan pebisnis yang menyediakan jasa catering.


6. Pembangunan gedung

Contoh lain dari unearned revenue adalah jasa konstruksi yang mengharuskan pelanggan untuk membayar di muka. Hal itu dilakukan supaya perusahaan konstruksi dapat membeli bahan-bahan utama dan penunjangnya terlebih dulu.Karena biaya pembangunan yang cukup besar, perusahaan konstruksi tidak bisa menalangi keseluruhan biaya untuk pembangunan.

Oleh karena itu, kontrak pembangunan konstruksi akan ditetapkan di awal. Klien bisa membayarnya sebagian atau langsung lunas di awal.Namun, ada risiko pembangunan menjadi mangkrak apabila ternyata biaya yang dibutuhkan untuk membangun terlalu besar atau ada masalah serius lainnya.

Usahamu juga dapat menerapkan metode unearned revenue dengan join MyDOVI sebagai DOVI Merchant! DOVI Merchant akan memiliki Tambahan Revenue Stream Baru dan juga akan mendapatkan pendapatan di awal sebelum DOVIAN menerima produk atau layanan yang mereka bayar.

1 thought on "Yuk Mari Kita Mengenal Istilah Unearned Revenue"

0 Comment Found

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *